Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Dear Milenial, Ini 5 Good Money Habit Biar Gajimu Enggak Numpang Lewat

Kompas.tv - 9 Desember 2021, 11:37 WIB
dear-milenial-ini-5-good-money-habit-biar-gajimu-enggak-numpang-lewat
Ilustrasi menabung yang merupakan salah satu kebiasaan mengatur keuangan dengan baik atau good money habit. (Sumber: Kompas.com/Shutterstock)
Penulis : Dina Karina | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada pepatah yang mengatakan "old habits never die". Tapi ternyata, European Journal of Social Psychology menyatakan, kebiasaan manusia terutama dalam hal urusan keuangan dapat berubah dalam 66 hari.

Perencana keuangan sekaligus CEO Zap Finance Prita Ghozie mengatakan, kebiasaan mengatur keuangan dengan baik atau good money habit sangat diperlukan.

Apalagi hidup di zaman sekarang yang banyak godaannya. Mulai dari jajan di kedai kopi kekinian, meet up sama teman sekalian berburu diskonan di mal, sampai godaan gratis ongkir extra pada tanggal kembar setiap bulan di marketplace kesayangan.

Baca Juga: Mau Tabungan Cepat Terkumpul? Coba Tips Menabung ala K-Popers Ini

"#temanPrita, tahu ga, salah satu modal dasar yang akan membantu keuangan adalah memiliki Good Money Habit," tulis Prita di akun instagramnya, @pritaghozie, dikutip Kamis (9/12/2021).

Nah, berikut adalah 5 good money habit menurut Prita Ghozie:

1. Paying your bills on time

Menurut Prita, keutamaan habit ini adalah bisa terhindar dari kejaran customer service pihak bank, tidak kena denda cicilan yang tertunda, dan tidak akan mengalami mati listrik gara-gara lupa bayar tagihan.

Baca Juga: Ingat! Layanan Setor/Tarik Tunai di Bank Hanya Sampai 27 Desember

"Pilih tanggal tertentu untuk bayar tagihan. Misalnya tanggal 1 dan 15 Atau pakai sistem autopay untuk tagihan," kata Prita.

2. Creating monthly budget

Bujet bulanan benar-benar seperti panduan rencana pengeluaran untuk bulan tersebut. Bukan sebagai target yang membuat stres.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.