Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Dear Milenial, Ini 5 Good Money Habit Biar Gajimu Enggak Numpang Lewat

Kamis, 9 Desember 2021 | 11:37 WIB
dear-milenial-ini-5-good-money-habit-biar-gajimu-enggak-numpang-lewat
Ilustrasi menabung yang merupakan salah satu kebiasaan mengatur keuangan dengan baik atau good money habit. (Sumber: Kompas.com/Shutterstock)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada pepatah yang mengatakan "old habits never die". Tapi ternyata, European Journal of Social Psychology menyatakan, kebiasaan manusia terutama dalam hal urusan keuangan dapat berubah dalam 66 hari.

Perencana keuangan sekaligus CEO Zap Finance Prita Ghozie mengatakan, kebiasaan mengatur keuangan dengan baik atau good money habit sangat diperlukan.

Apalagi hidup di zaman sekarang yang banyak godaannya. Mulai dari jajan di kedai kopi kekinian, meet up sama teman sekalian berburu diskonan di mal, sampai godaan gratis ongkir extra pada tanggal kembar setiap bulan di marketplace kesayangan.

Baca Juga: Mau Tabungan Cepat Terkumpul? Coba Tips Menabung ala K-Popers Ini

"#temanPrita, tahu ga, salah satu modal dasar yang akan membantu keuangan adalah memiliki Good Money Habit," tulis Prita di akun instagramnya, @pritaghozie, dikutip Kamis (9/12/2021).

Nah, berikut adalah 5 good money habit menurut Prita Ghozie:

1. Paying your bills on time

Menurut Prita, keutamaan habit ini adalah bisa terhindar dari kejaran customer service pihak bank, tidak kena denda cicilan yang tertunda, dan tidak akan mengalami mati listrik gara-gara lupa bayar tagihan.

Baca Juga: Ingat! Layanan Setor/Tarik Tunai di Bank Hanya Sampai 27 Desember

"Pilih tanggal tertentu untuk bayar tagihan. Misalnya tanggal 1 dan 15 Atau pakai sistem autopay untuk tagihan," kata Prita.

Penulis : Dina Karina | Editor : Fadhilah

Sumber :



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:25
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19