Kompas TV regional kriminal

Waspada, Modus Baru Pencurian, Pelaku Nyamar Jadi Petugas Covid-19 Sambil Bawa Hadiah ke Rumah Warga

Kompas.tv - 9 Desember 2021, 08:21 WIB
waspada-modus-baru-pencurian-pelaku-nyamar-jadi-petugas-covid-19-sambil-bawa-hadiah-ke-rumah-warga
Petugas Polres Madiun amankan komplotan penipu yang menyamar sebagai petugas vaksin dan penanganan COVID-19 hingga merugikan masyarakat jutaan rupiah. (Sumber: ANTARA/HO-Diskominfo Magetan)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Fadhilah

MAGETAN, KOMPAS.TV - Polres Magetan menangkap komplotan penipu yang melakukan pencurian dengan modus menyamar sebagai petugas vaksin dan penanganan Covid-19. Akibatnya, sejumlah masyarakat mengalami kerugian hingga jutaan rupiah.

Kapolres Magetan AKBP Yakhob Silvana Delareskha mengatakan, komplotan yang terdiri atas tiga orang pelaku tersebut ditangkap pada dua lokasi berbeda.

Baca Juga: 18 Warga Tertembak Polisi saat Operasi Penangkapan, Kapolri Didesak Copot Kapolres Maluku Tengah

"Ketiganya berhasil kami amankan dari dua tempat berbeda,” kata Yakhob di Magetan, Jawa Timur, Rabu (9/12/2021).

“Rinciannya, dua tersangka di rumah indekos pelaku di Kecamatan Panekan Magetan, dan satu tersangka sempat kabur namun berhasil kami amankan lagi di Brebes, Jawa Tengah.”

Ketiga pelaku penipuan tersebut masing-masing berinisial RW (23) warga Kabupaten Batang, Jawa Tengah; AJ (34) warga Kota Palembang; dan MA (33) warga Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Yakhob menjelaskan, komplotan tersebut dalam menjalankan aksinya yakni dengan menyamar sebagai petugas vaksin Covid-19.

Baca Juga: Operasi Penangkapan Berujung Petaka, 18 Warga Termasuk Ibu-Ibu Malah Tertembak Polisi di Maluku

Modusnya, pelaku memberikan hadiah sambil menanyakan sudah divaksin atau belum. Adapun hadiah tersebut merupakan trik untuk mengalihkan perhatian korban supaya leluasa mengambil barang berharga seperti perhiasan.

Berdasarkan pengakuan korban, kata Yakhob, para pelaku datang menanyakan tentang vaksin sambil memberikan hadiah kompor gas.

Para pelaku lalu berusaha menggiring korban ke dapur sambil membawa kompor hadiah tersebut. Sementara pelaku lainnya masuk ke kamar untuk mengambil perhiasan korban.

Baca Juga: Dua Pelaku Pencurian 3 Ton Besi Kapal di Pangkalpinang Diringkus Petugas



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.