Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

KCIC Coret Stasiun Walini dari Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ini Alasannya

Kompas.tv - 9 Desember 2021, 08:14 WIB
kcic-coret-stasiun-walini-dari-proyek-kereta-cepat-jakarta-bandung-ini-alasannya
Ilustrasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencoret Stasiun Walini dari proyek KCJB dan menggantinya dengan Stasiun Tegalluar. (Sumber: Dok. PT KCIC)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Stasiun Walini yang berlokasi di Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, dicoret dari proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengambil keputusan itu karena pertimbangan dan kebutuhan lokasi yang lebih mendukung interkonektivitas antara Jakarta dengan Kota Bandung.

Presiden Direktur PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, Stasiun Walini kemudian akan digantikan oleh Stasiun Tegalluar di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

"Hal ini karena pertimbangan bahwa kereta cepat ini membutuhkan interkonektivitas dengan Kota Bandung," kata Dwiyana, dalam seminar nasional bertajuk Metode dan Teknologi Bidang Konstruksi, Rabu (08/12/2021).

Baca Juga: Viral Video Pilar Beton Kereta Cepat Jakarta-Bandung Timpa Ekskavator, Ini Respons KCIC

Lebih lanjut, Dwiyana menjelaskan, perubahan stasiun tersebut juga telah sesuai dengan kajian para ahli dan mendapatkan persetujuan dari sejumlah kepada daerah terkait.

Dwiyana menambahkan, pihaknya memilih untuk tidak membangun stasiun KCJB di Kota Bandung karena terdapat kendala dalam pembebasan lahan yang butuh biaya besar.

"Kalau trasenya (perlintasan) melewati Kota Bandung pasti sangat mahal. Jadi, trase kami (KCJB) itu melewati Bandung bagian Barat yaitu Padalarang," ungkap Dwiyana.

Dengan demikian, maka nantinya KCJB akan terhubung dengan layanan kereta api eksisting yaitu Stasiun KA Kota Bandung dan Stasiun Cimahi.

Baca Juga: Kereta Cepat Dibangun Pakai Utang China Rp65 Triliun, Siapa yang Bayar?

"Sehingga seluruh wilayah Bandung, Jawa Barat itu nanti akan terlayani oleh KCJB, termasuk di (pemberhentian) akhir Stasiun Tegalluar," terang Dwiyana.

Dwiyana pun mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat sangat mendukung rencana pemindahan Stasiun Walini ke Stasiun Tegalluar itu.

Sebab, kehadiran KCJB di Bandung Barat diharapkan dapat mengejar ketertinggalan wilayah tersebut dari Kota Bandung dan Kabupaten Bandung

"Pemkab Bandung Barat sangat antusias dengan penetapan Stasiun Tegalluar. Pasalnya, mereka ingin mengejar ketertinggalan dari Kota Bandung dan Kabupaten Bandung," pungkasnya.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x