Kompas TV nasional peristiwa

Peduli Adelina Sau, Menteri BUMN Erick Thohir: Jangan Ada Lagi PMI Diperlakukan Seperti Sapi Perah

Kamis, 9 Desember 2021 | 00:08 WIB
peduli-adelina-sau-menteri-bumn-erick-thohir-jangan-ada-lagi-pmi-diperlakukan-seperti-sapi-perah
Spanduk Solidaritas untuk Adelina Sau berkibar di gedung BP2MI, Rabu (8/12) (Sumber: Humas BP2MI)

 

JAKARTA, KOMPAS.TV – Persidangan kasus Adelina Sau, Pekerja Migran Indonesia yang dianiaya majikannya hingga meninggal dunia akan dilanjutkan kembali oleh Mahkamah Persekutuan Malaysia pada 9 Desember 2021.

Persidangan direncanakan akan menyampaikan kesimpulan terkait kasus pidana Adelina. 
Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melakukan aksi solidaritas terhadap PMI. Aksi ini merupakan buntut hasil Pengadilan Malaysia yang membebaskan majikan Adelina, Ambika MA Shan.

"Ini adalah momentum protes pengadilan di tahap pertama, sekaligus dorongan semoga hakim Malaysia bisa benar-benar mengambil keputusan atas dasar kebenaran, keadilan dan berpihak atas nama kemanusian," kata Kepala BP2MI Benny Rhamdani di halaman gedung BP2MI, Jakarta Selatan, Rabu, 8 Desember 2021. 

Benny menambahkan, Adelina berangkat sebagai TKW di Malaysia melalui jalur tidak resmi. Saat bekerja dengan majikan Adelina kerap kali mendapatkan perlakuan kasar, selain itu Adelina juga seringkali dipaksa untuk mengkonsumsi makanan hewan.

“Yang membuat kami marah, dalam kasus ini Adelina cukup lama tidak bisa tidur di dalam rumah. Ia harus tidur di kandang peliharaan majikannya. Ini sungguh tidak manusiawi,” imbuhnya.

Menteri BUMN Erick Thohir bersama Ibu Adelina, Yohana saat acara aksi solidaritas untuk Adelina (Sumber: Humas BP2MI)

Hingga akhirnya tahun 2018, Adelina ditemukan meninggal karena luka akibat kekerasan fisik dan juga kekurangan gizi.  Namun demikian, setelah kasus ini ditangani pengadilan Malaysia, pada April 2019 Ambika MA Shan majikan Adelina justru dibebaskan. 

“Putusan itu jelas mencederai keadilan, sekaligus juga penghinaan untuk bangsa ini,” tegas Benny.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dalam aksi solidaritas menambahkan, kehadirannya mewakili pribadi dan juga bentuk perhatian dari pemerintah yang terus mendukung gerakan untuk perlindungan para PMI.

“Kami akan selalu mendukung program yang dilakukan oleh BP2MI, ini bentuk soliditas semua lembaga dalam upaya memberikan perlindungan bagi PMI. Dari awal PMI sebagai pahlawan devisa negara, harus mendapat pelayanan perlindungan, jangan sampai mereka hanya dijadikan pekerja yang seperti sapi yang diperah susunya,” kata Erick.

Ia menambahkan, dalam jangka panjang harus dipikirkan juga bagaimana pemerintah dan lembaga terkait harus bisa memberikan dukungan bagi PMI yang sudah pulang ke Indonesia.
“Ke depan jadi kita harus juga bisa mensupport mereka yang sudah pulang, untuk mengembangkan usaha atau dalam bidang pekerjaan lain,” ujarnya.

Sejumlah pegawai BP2MI dan masyarakat saat menggelar aksi Solidaritas untuk Adelina Sau di gedung BP2MI, Rabu (8/12) (Sumber: Humas BP2MI)

Penulis : Herwanto

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:43
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19