Kompas TV regional berita daerah

Perkampungan Rumah Tuo Rantau Panjang

Kompas.tv - 8 Desember 2021, 20:51 WIB
Penulis : KompasTV Jambi

MERANGIN, JAMBI, KOMPAS.TV - Rumah Tuo Rantau Panjang yang dibangun Sejak Tahun 1330. Arsitekur kapal menggunakan bahan kayu yang memiliki nilai seni tinggi. Dibangun cukup tinggi untuk menghindari hewan buas yang naik ke dalam rumah. Pembangunan Rumah Tuo ini berdasarkan perjanjian dari 19 orang untuk menetap di Desa ini. Seiring perjalan waktu sembilan belas orang ini mulai membangun satu-persatu rumah, saat ini sudah menjadi perkampungan dengan jumlah rumah mencapai puluhan dan ratusan jiwa.

Saat ini Rumah Tuo Rantau Panjang masih terawat dan dijaga oleh keluarga keturunan yang ke 14, sudah menjalani bebeapa kali renovasi di bagian atap dan lantai, dimana atap awal dari rumbia dan diganti seng. Setiap bangunan rumah ini memiliki filosofi, ruangan tengah merupakan ruangan keluarga serambi untuk ruangan tamu, lantai yang lebih tinggi merupakan balai melintang tempat ninik mamak dan cerdik pandai dalam mengambil kebijakan.

Saat ini ada beberapa peninggalan di Rumah Tuo ini, berupa brangkas tempat penyimpanan uang, tapan, tabuh, tempat penyimpanan baju dari besi. Penduduk Desa Rantau Panjang merupakan Suku Batin, luas perkampungan mecapai Empat Hektar.

 

#BeritaJambi #RumahTuoJambi #ProvinsiJambi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x