Kompas TV nasional viral

Viral Video Pilar Beton Kereta Cepat Jakarta-Bandung Timpa Ekskavator, Ini Respons KCIC

Kompas.tv - 8 Desember 2021, 20:58 WIB
viral-video-pilar-beton-kereta-cepat-jakarta-bandung-timpa-ekskavator-ini-respons-kcic
Penampakan pilar Kereta Cepat-Jakarta Bandung jatuh menimpa ekskavator dalam video yang viral di media sosial. (Sumber: twitter.com/AlBurhanCenter)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah video viral di media sosial menunjukkan insiden kecelakaan kerja saat pembongkaran pilar Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Video itu tampaknya dibuat oleh para pekerja proyek kereta cepat itu. Saat dibongkar, pilar beton proyek kereta cepat itu malah jatuh menimpa ekskavator.

Seorang pekerja yang mengawasi dari jarak kejauhan mengomentari insiden itu dengan nada kesal karena ada kesalahan pembongkaran. Sementara, pekerja lainnya pun mengecek kondisi pengemudi ekskavator.

Baca Juga: Kereta Cepat Dibangun Pakai Utang China Rp65 Triliun, Siapa yang Bayar?

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengonfirmasi kebenaran video itu. Presiden Director PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menyebut, ada kelalaian dalam pembongkaran kereta cepat itu.

“Betul adanya bahwa saat dilakukan pekerjaan rework pembongkaran pier (pilar), kontraktor lalai dalam melaksanakan SOP (Standar Operasional Prosedur) sehingga pier menimpa ekskavator yang digunakan," ujar Dwiyana pada Rabu (8/12/2021), dikutip dari Kompas.com.

Dwiyana mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu. Operator yang menjalankan eskavator berhasil menyelamatkan diri sesaat sebelum reruntuhan menimpa. 

Tim Kontruksi dan SSHE PT KCIC sedang melakukan investigasi mendalam terkait kejadian tersebut dan berkoordinasi dengan semua pihak yang bekerja pada proyek KCJB agar lebih memperhatikan SOP konstruksi sehingga kejadian serupa tidak terulang. 

"Kami telah memanggil, melakukan investigasi dan memberikan teguran langsung kepada kontraktor terkait, agar kejadian serupa tidak terulang," ucap Dwiyana.

Menurut Dwiyana, PT KCIC menangani insiden kecelakaan kerja itu dengan serius. Investigasi mendalam langsung dilakukan dan sedang menunggu hasilnya. 



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x