Kompas TV nasional peristiwa

Jenderal Dudung Abdurahman Ingatkan Anak Buah: Berani Ambil Keputusan, Berani Bicara kepada Wartawan

Kompas.tv - 8 Desember 2021, 19:19 WIB
jenderal-dudung-abdurahman-ingatkan-anak-buah-berani-ambil-keputusan-berani-bicara-kepada-wartawan
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman di sela kunjungan kerjanya di Kodam XIV Hasanuddin, Makassar, Kamis (25/11/2021). (Sumber: Antara/Suriani Mappong)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV-  Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengingatkan para jajaran di bawahnya, yaitu komandan kodim (dandim) di seluruh Tanah Air harus berani mengambil keputusan, terutama yang menyangkut kepentingan rakyat.

"Seorang pemimpin harus berani mengambil keputusan," kata Dudung, mengutip dari kanal YouTube TNI AD di Jakarta, Rabu (8/12/2021).

Hal tersebut disampaikan Kasad Jenderal TNI Dudung saat memberikan arahan kepada para dandim se-Indonesia di Markas Besar TNI AD.

Dalam arahannya, mantan Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) tersebut mengatakan setiap dandim harus bisa membawakan diri dan menghindari kesan sombong di tengah masyarakat.

Hal tersebut juga bertujuan demi menjaga hubungan baik antara personel TNI AD dan kepala daerah serta pemangku kepentingan terkait lainnya di daerah.

Baca Juga: Pererat Hubungan Ulama-Umara, Kasad Silaturahmi ke PBNU

Tidak hanya itu, dia juga mendorong agar setiap dandim berani berbicara di hadapan wartawan atau media massa. Tujuannya untuk memberitakan berbagai kegiatan positif yang telah dilakukan.

Dengan memberitakan atau menginformasikan berbagai kegiatan tersebut, masyarakat akan lebih tahu tentang apa saja peran personel TNI di daerah.

"Khusus di internal TNI, setiap dandim juga harus senantiasa memperhatikan kesejahteraan anggota dan tidak membuat sebuah kebijakan yang menyulitkan personel," ujar Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Jayakarta periode 2020—2021 itu.

Baca Juga: Kasad Akan Merekrut Calon Prajurit dari Santri

Dudung merupakan lulusan Akademi Militer 1988 dari kecabangan infanteri. Sebelumnya dia menjabat sebagai Pangkostrad setelah menduduki posisi Pangdam Jaya pada tahun 2020 hingga 2021, dan Gubernur Akademi Militer pada tahun 2018 sampai 2020.



Sumber : Kompas TV/ANTARA

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.