Kompas TV internasional kompas dunia

Olaf Scholz Jadi Kanselir Jerman Gantikan Angela Merkel

Kompas.tv - 8 Desember 2021, 19:22 WIB
olaf-scholz-jadi-kanselir-jerman-gantikan-angela-merkel
Olaf Scholz disumpah menjadi kanselir baru Jerman menggantikan Angela Merkel oleh Presiden Bundestag Baerbel Bas di Berlin, Rabu (8/12/2021). (Sumber: Markus Schreiber/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

BERLIN, KOMPAS.TV - Olaf Scholz resmi ditunjuk menjadi kanselir baru Jerman pada Rabu (8/12/2021). Politikus Partai Sosial Demokrat (SDP) itu dipilih oleh mayoritas anggota Bundestag, parlemen federal Jerman.

Scholz akan menggantikan Angela Merkel yang telah berkuasa selama 16 tahun. Koalisi SDP pun menjadi pemerintahan mayoritas mengganti blok Union-nya Merkel.

SDP sendiri memenangi pemilu Jerman pada September 2021 lalu dengan raihan 26,1 persen suara.

Mereka perlu membentuk koalisi untuk mencapai ambang mayoritas parlemen. SDP kemudian menjalin koalisi bersama Partai Hijau dan Demokrat Bebas (FDP) yang diresmikan pada Selasa (7/12) kemarin.

Baca Juga: Pemilu Jerman: Dua Partai Bahas Koalisi dengan SPD, Partai Merkel Berpeluang Jadi Oposisi

Scholz memenangkan posisi kanselir setelah 395 anggota Bundestag menyatakan setuju, sedangkan 303 lainnya menyatakan tidak.

Scholz rencananya akan mulai bertugas sebagai kanselir per Rabu (8/12) sore waktu setempat.

Pemerintahan Scholz mengumumkan rencana kebijakan ambisius untuk menghadapi krisis iklim dengan menghentikan pemanfaatan batu bara untuk energi dan fokus terhadap energi baru-terbarukan.

Akan tetapi, pemerintahan Scholz diketahui akan menaruh prioritas awal pada penanganan pandemi Covid-19. Jerman diterpa badai Covid-19 sejak Oktober 2021.

Baca Juga: Muncul Omicron dan Gelombang Keempat Covid-19, Jerman Lockdown Warga yang Belum Vaksin
 



Sumber : BBC

BERITA LAINNYA



Close Ads x