Kompas TV internasional kompas dunia

Olaf Scholz Jadi Kanselir Jerman Gantikan Angela Merkel

Rabu, 8 Desember 2021 | 19:22 WIB
olaf-scholz-jadi-kanselir-jerman-gantikan-angela-merkel
Olaf Scholz disumpah menjadi kanselir baru Jerman menggantikan Angela Merkel oleh Presiden Bundestag Baerbel Bas di Berlin, Rabu (8/12/2021). (Sumber: Markus Schreiber/Associated Press)

BERLIN, KOMPAS.TV - Olaf Scholz resmi ditunjuk menjadi kanselir baru Jerman pada Rabu (8/12/2021). Politikus Partai Sosial Demokrat (SDP) itu dipilih oleh mayoritas anggota Bundestag, parlemen federal Jerman.

Scholz akan menggantikan Angela Merkel yang telah berkuasa selama 16 tahun. Koalisi SDP pun menjadi pemerintahan mayoritas mengganti blok Union-nya Merkel.

SDP sendiri memenangi pemilu Jerman pada September 2021 lalu dengan raihan 26,1 persen suara.

Mereka perlu membentuk koalisi untuk mencapai ambang mayoritas parlemen. SDP kemudian menjalin koalisi bersama Partai Hijau dan Demokrat Bebas (FDP) yang diresmikan pada Selasa (7/12) kemarin.

Baca Juga: Pemilu Jerman: Dua Partai Bahas Koalisi dengan SPD, Partai Merkel Berpeluang Jadi Oposisi

Scholz memenangkan posisi kanselir setelah 395 anggota Bundestag menyatakan setuju, sedangkan 303 lainnya menyatakan tidak.

Scholz rencananya akan mulai bertugas sebagai kanselir per Rabu (8/12) sore waktu setempat.

Pemerintahan Scholz mengumumkan rencana kebijakan ambisius untuk menghadapi krisis iklim dengan menghentikan pemanfaatan batu bara untuk energi dan fokus terhadap energi baru-terbarukan.

Akan tetapi, pemerintahan Scholz diketahui akan menaruh prioritas awal pada penanganan pandemi Covid-19. Jerman diterpa badai Covid-19 sejak Oktober 2021.

Baca Juga: Muncul Omicron dan Gelombang Keempat Covid-19, Jerman Lockdown Warga yang Belum Vaksin
 

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

Sumber : BBC



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:48
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19