Kompas TV olahraga kompas sport

Indonesia vs Kamboja: Andalkan Pemain Muda, Kamboja Ingin Tampil Dominan

Kompas.tv - 8 Desember 2021, 18:01 WIB
indonesia-vs-kamboja-andalkan-pemain-muda-kamboja-ingin-tampil-dominan
Skuad Kamboja di Piala AFF 2020. Kamboja akan bertanding lawan Indonesia pada Kamis (9/12/2021). (Sumber: Laman resmi Piala AFF)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia akan memulai kiprah di Grup B Piala AFF 2020 menghadapi Kamboja. Partai Indonesia vs Kamboja dijadwalkan di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (9/12/2021).

Anak asuh Shin Tae-yong mengincar tripoin di partai perdana. Skuad Merah Putih butuh tiga poin untuk menjaga persaingan di Grup B yang juga berisi Malaysia dan Vietnam.

Di lain pihak, Timnas Kamboja juga mengincar tiga poin usai dikandaskan Malaysia di partai perdana. Kamboja ingin menang untuk menjaga kans lolos ke fase gugur.

Setelah selalu menjadi pesakitan di Piala AFF, Kamboja hendak tampil maksimal pada edisi kali ini.

Timnas Kamboja sendiri sedang menatap babak baru di bawah asuhan Ryu Hirose dan legenda sepakbola Jepang, Keisuke Honda.

Hirose dan Honda menggantikan Felix Dalmas yang membawa Kamboja babak belur di Kualifikasi Piala Dunia lalu.

Di bawah Hirose, Kamboja pun getol mempromosikan pemain muda untuk berkiprah di pentas internasional.

Baca Juga: Penjelasan Shin Tae-yong soal Absennya Elkan Baggot di Indonesia vs Kamboja

Shin Tae-yong memang membawa banyak pemain muda ke Piala AFF seperti Pratama Arhan, Elkan Baggott, dan Witan Sulaeman. Namun, Kamboja masih memiliki rata-rata usia yang lebih muda dibanding Indonesia.

Di Piala AFF 2020, hanya 10 pemain Kamboja yang berusia 24 tahun atau lebih. Sedangkan Indonesia membawa 16 pemain yang berusia 24 tahun atau lebih.

Saat menghadapi Malaysia, skuad muda Kamboja pun tampil cukup baik. Kendati akhirnya kalah 1-3, anak asuh Hirose mampu merepotkan Harimau Malaya.

Dalam pertandingan pada Senin (6/12) itu, Kamboja mengirim 14 tembakan ke gawang Malaysia, enam di antaranya tepat sasaran. Kamboja juga mencatatkan penguasaan bola lebih banyak, 57% berbanding 43%.

Baca Juga: Head to Head Timnas Indonesia vs Kamboja, Hati-hati Kouprey Kampuchea Pernah Sulitkan Garuda

Jelang menghadapi Indonesia, pelatih Ryu Hirose pun mengaku anak asuhnya akan berupaya tampil lepas dan mendominasi pertandingan.

“Tidak peduli siapa yang kami hadapi, tujuannya sama dan itu adalah mengembangkan konsep tim serta cara bermain kami,” kata Hirose dikutip laman resmi Piala AFF.

“Kami ingin mendominasi pertandingan lawan tim mana pun, bahkan Brasil atau siapa pun; menjaga penguasaan bola dan memenangkan bola di area tinggi, itulah yang kami lakukan,” ujarnya.

Pertandingan pada Kamis (9/12) adalah pertemuan pertama Indonesia vs Kamboja sejak 2017. Waktu itu, dalam partai persahabatan, Indonesia menang 0-2.

Baca Juga: Timnas Indonesia Tak Pakai Ban Kapten Pelangi di Piala AFF, Ketum PSSI: Pakai Foto Saya Juga Boleh


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x