Kompas TV nasional peristiwa

Kemenkes Yakini Varian Omicron Belum Terdeteksi di Indonesia

Kompas.tv - 8 Desember 2021, 15:22 WIB
kemenkes-yakini-varian-omicron-belum-terdeteksi-di-indonesia
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Siti Nadia Tarmizi (Sumber: dinkes.acehprov.go.id)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan varian baru Covid-19 Omicron belum terdeteksi di Indonesia.

"Sampai saat ini belum terdeteksi (di Indonesia)," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi dalam pesan tertulis kepada Kompas.tv, Rabu (8/12/2021).

Pada saat yang sama, Nadia juga menyatakan bahwa tidak benar varian Omicron telah terdeteksi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Sebagaimana sebelumnya dilaporkan laman resmi Kabupaten Bekasi bekasikab.go.id bahwa ada empat warga DKI Jakarta yang terkonfirmasi terpapar usai melakukan perjalanan luar negeri.

"Tidak benar (varian Omicron terdeteksi di Bekasi)," ujarnya

Adapun hal tersebut diungkapkan Siti Nadia Tarmizi menanggapi soal ditemukannya varian Omicron di Kabupaten Bekasi.

Perlu diketahui, Omicron dilaporkan telah terdeteksi di dua negara terdekat, yaitu Malaysia dan Singapura.

Sementara itu, melansir laman resmi Covid19.go.id, guna mencegah masuknya penyebaran varian Omicron di Indonesia pemerintah melakukan pengetatan bagi pelaku perjalanan dari luar negeri.

Bahkan ada sejumlah negara yang tidak diperkenankan masuk ke Indonesia. Terutama negara yang telah mendeteksi adanya varian Omicron.

Baca Juga: 4 Warga Jakarta Disebut Terpapar Varian Omicron, Begini Respons Wagub DKI



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.