Kompas TV advertorial

Jadi Langganan Perusahaan Unicorn, Ini Keunggulan Layanan Cloud Amazon Web Services

Kompas.tv - 9 Desember 2021, 09:00 WIB
jadi-langganan-perusahaan-unicorn-ini-keunggulan-layanan-cloud-amazon-web-services
Amazon Web Services (AWS). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV – Amazon Web Services (AWS) merupakan perusahaan penyedia layanan komputasi cloud yang memungkinkan pengguna mengakses layanan teknologi seperti komputasi daya, penyimpanan dan database sesuai kebutuhan.

Infrastruktur AWS Cloud menawarkan 200 layanan unggulan seperti analitik data, machine learning, Internet of Things (IoT), dan banyak lagi. Hal ini cocok bagi pengembang aplikasi yang ingin lebih dekat dengan penggunanya dengan latensi yang rendah.

Permintaan terhadap layanan adopsi cloud meningkat seiring pengembangan yang signifikan, deployment yang cepat, dan tuntutan skala tanpa batas bagi berbagai perusahaan di semua industri, ukuran, dan wilayah.

Dengan ekosistem yang besar dan dinamis, AWS mampu menarik jutaan pelanggan dan puluhan ribu mitra. Industri dari berbagai skala dari startup hingga perusahaan enterprise.

Selama sebelas tahun berturut-turut, AWS meraih predikat terdepan berdasarkan tren pasar teknologi informasi, Magic Quadrant Gartner untuk kategori Infrastruktur Cloud dan Layanan Platform 2021.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas UMKM Lewat Transformasi Digital

Dalam evaluasi kedua Gartner yang mencakup layanan platform dan infrastruktur cloud, AWS dinilai memimpin dalam kemampuan penerapan dan kelengkapan visi.

AWS juga meraih tempat tertinggi dalam dua poros pengukuran antara lain kemampuan eksekusi dan kelengkapan visi di antara tujuh vendor terbaik yang disebutkan dalam laporan.

AWS disebut sebagai perusahaan penyedia komputasi awan terbesar dengan 81 Availability Zone (AZ) dalam 25 wilayah geografis di seluruh dunia.

AWS akan membuka region infrastruktur di Indonesia pada akhir 2021 atau awal 2022. AWS Region Indonesia akan menjadi region ke-26 yang terdiri dari tiga Availability Zone.

Availability Zone dirancang agar AWS dapat beroperasi secara independen dan meminimalisir potensi masalah seperti sambaran petir, tornado hingga gempa bumi.

Keunggulan Layanan Komputasi Awan AWS

AWS Indonesia sebagai commercial web services memiliki beberapa keunggulan dibandingkan penyedia layanan cloud lainnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x