Kompas TV regional berita daerah

Menarik, Kenalkan Kesiapsiagaan Bencana Lewat Dongeng

Kompas.tv - 8 Desember 2021, 12:07 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Korean International Cooperation Agency (Koica), memperkenalkan cara kesiapsiagaan bencana bagi anak-anak usia sekolah dengan cara yang berbeda,  yakni lewat metode mendongeng.

Seperti TPQ Al Muhtarom Kajen, Kabupaten Pekalongan, Sebanyak 30 anak usia sekolah mendapatkan materi tentang kesiapsiagaan bencana, dan pemateri dari Kepompong Indonesia menjelaskan dengan metode mendongeng dan bernyanyi kepada anak-anak. Metode pembelajaran dengan dongeng dilakukan agar anak-anak tidak bosan dan merasa senang serta ceria. 

Tak hanya materi tentang kesiapsiagaan bencana seperti gunung meletus, mematikan sumber listrik saat banjir, melindungi kepala saat gempa bumi, kebakaran, menghindari kubangan, namun materi pencegahan Covid-19 juga disampaikan.

"Menceritakan edukasi kepada anak-anak usia sekolah dari TK samapi SD kelas VI. Mengedukasi tentang kesiapsiagaan bencana, pertolongan pertama dari Covid-19. Biar anak-anak usia dini sudah tahu apa yang harus mereka lakukan," ujar Ade Hergalia, Manajer Program Koica 2.

Penyampaian materi kesiapsiagaan bencana dengan cara berbeda yakni lewat dongeng dan bernyanyi. Diharapkan anak-anak bisa memahami dan mengetahui apa yang harus mereka lakukan ketika dihadapkan saat bencana, temannya terluka ataupun kondisi kedaruratan lainnya.

#pmi #koica #pekalongan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x