Kompas TV regional peristiwa

Cerita Briptu Ismail dan Aksinya yang Selamatkan Penambang Pasir dari Bencana Gunung Semeru

Kompas.tv - 8 Desember 2021, 13:30 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Aksi heroik semorang polisi anggota Polsek Candipuro di lokasi guguran awan panas Semeru, terekam dalam sebuah video dan beredar di media sosial.

Dalam video tersebut, sang polisi yang bernama Briptu Ismail tampak mengimbau para sopir truk penambang pasir untuk meninggalkan lokasi saat terjadinya bencana Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur pada hari Sabtu (4/12) lalu.

Baca Juga: Kisah Rohmah, Guru Ngaji yang Kehilangan Tempat Tinggal karena Erupsi Semeru

Sebelum bencana Gunung Semeru terjadi, Briptu Ismail bersama rekannya, Adri Amar Patria mendapat perintah dari Kapolsek Candipuro untuk memantau aliran lahar setelah ada getaran banjir yang sangat besar.

Setelah 1 jam Briptu Ismail dilokasi, banjir lahar tidak kunjung tampak. Namun kemudian ia melihat kepulan asap putih kehitaman, itulah yang membuat Briptu Ismail menghalau truk dan para penambang pasir.

Baca Juga: Sejumlah BTS Operator Seluler yang Terdampak Erupsi Gunung Semeru Mulai Beroperasi

Berkat aksi tanggap yang dilakukannya, seluruh sopir dan penambang yang saat itu berada di lokasi selamat dari bencana Gunung Semeru. Ismail menyebut, sekitar 70 orang berhasil menghindari bahaya dari bencana Semeru.

Video editor: Febi Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x