Kompas TV regional peristiwa

Jadi Sorotan, Aksi Heroik Polisi Selamatkan Penambang Pasir dan Sopir Truk Pasir dari Bencana Semeru

Rabu, 8 Desember 2021 | 10:24 WIB

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Aksi heroik polisi anggota Polsek Candipuro di lokasi guguran awan panas Semeru, beredar di media sosial.

Menjadi sorotan, sang polisi yang menghimbau para sopir truk pasir untuk meninggalkan lokasi saat terjadinya bencana Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Aksi heroik seorang anggota Polsek Candipuro Lumajang, Briptu Ismail terekam kamera.

Saat terjadinya guguran awan panas Semeru, Briptu Ismail menghalau penambang dan sopir truk pasir agar menjauh dari lokasi tambang.

Saat itu sekitar pukul 14.00 WIB, ia mendengar kabar bahwa ada peningkatan debit air dari Pusat Pemantauan Gunung Sawur.

Briptu Ismail bersama rekannya, Adri Amar Patria mendapat perintah dari Kapolsek Candipuro untuk memantau aliran lahar setelah ada getaran banjir yang sangat besar.

Baca Juga: Banjir Lahar Panas di Dusun Kamar Kanjang, Basarnas Harus Evakuasi 30 Warga ke Posko Pengungsian

Namun saat tiba di lokasi, ia menemukan bahwa masih banyak truk pasir dan para penambang yang mencari pasir.

Setelah 1 jam Briptu Ismail dilokasi, banjir lahar tidak kunjung datang.

Lalu ia melihat kepulan asap putih kehitaman dan terus mendekat, itulah yang membuat Briptu Ismail menghalau truk dan para penambang pasir.

“Saat saya tiba disana ternyata masih banyak penambang dan armada pasir yang mencari pasir pak, jadi saya halau. Kemudain tiba-tiba saya tidak tau ternyata Gunung Semeru sudah meletus, dan pada saat itu alhamdulillah untuk 10 truk dan 70 masyarakat sudah terselamatkan semua. Jadi saat itu, dilokasi saya berdiri tidak ada korban jiwa,” ucapnya.

Berkat aksi heroik Briptu Ismail, seluruh sopir dan penambang selamat saat bencana Gunung Semeru.

Baca Juga: Tak Hanya Pastikan Keamanan, Polisi yang Berpatroli Juga Selamatkan Barang Berharga Milik Warga!

Penulis : Shinta Milenia

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:26
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19