Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Begini Sejumlah Tanda Jika Bayi Siap Mendapatkan Makanan Padat

Kompas.tv - 8 Desember 2021, 09:15 WIB
begini-sejumlah-tanda-jika-bayi-siap-mendapatkan-makanan-padat
Momen saat bayi mulai mencoba makanan padat adalah sesuatu yang sangat menyenangkan sekaligus menegangkan. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Momen saat bayi mulai mencoba makanan padat adalah sesuatu yang sangat menyenangkan sekaligus menegangkan.

Ada sejumlah hal yang harus disiapkan oleh seorang ibu baru untuk bayi yang baru mencoba makanan padat.

Dilansir WebMD, berikut sejumlah tips untuk meyiapkannya, ditinjau secara medis oleh Dan Brennan, MD, seorang dokter anak bersertifikat, kolumnis perawatan kesehatan, pembicara publik, dan penulis yang berkontribusi untuk situs web American Academy of Pediatrics, HealthyChildren.org.

Baca Juga: Berapa Jam Waktu Tidur yang Dibutuhkan dalam Sehari? Ternyata Bayi dan Lansia Berbeda

Adapun tipsnya sebagai berikut:

- Pilih waktu ketika bayi Anda bahagia dan tidak terlalu lapar, lelah, atau rewel. Pastikan Anda tidak terburu-buru, sehingga Anda dapat menikmati pengalamannya.

- Pilih satu makanan untuk diperkenalkan terlebih dahulu. Beri mereka makan selama beberapa hari sebelum memperkenalkan makanan baru berikutnya, untuk memeriksa kemungkinan reaksi alergi.

- Jika bayi  mengalami diare, ruam, atau muntah setelah memperkenalkan makanan baru, hentikan pemberiannya dan konsultasikan dengan dokter anak Anda.

- Jika Anda menawarkan sereal, pastikan itu dibuat khusus untuk bayi, yang diperkaya dengan nutrisi khusus yang dibutuhkan bayi pada usia ini.

Bayi mungkin menunjukkan banyak minat pada makanan yang Anda makan! American Academy of Pediatrics merekomendasikan menyusui secara eksklusif selama sekitar enam bulan, dan mencatat bahwa sebagian besar bayi siap untuk memulai makanan padat antara empat dan enam bulan.

Berikut adalah beberapa tanda bahwa bayi Anda sudah siap:

- Mereka kehilangan refleks dorongan lidah yang mendorong sendok kembali keluar dari mulut mereka.

- Mereka tertarik dengan apa yang Anda makan -- membuat suara "ooh" saat melihat Anda makan, atau mencoba mengambil garpu atau sepotong roti Anda.

- Mereka dapat duduk dengan kontrol kepala yang baik di kursi tinggi, meskipun mereka masih membutuhkan dukungan dari tubuh mereka.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.