Kompas TV nasional peristiwa

Buruh Geruduk Balai Kota DKI dan Istana Tuntut Kenaikan UMP, Jalan-jalan Ini Ditutup

Kompas.tv - 8 Desember 2021, 09:08 WIB
buruh-geruduk-balai-kota-dki-dan-istana-tuntut-kenaikan-ump-jalan-jalan-ini-ditutup
Buruh demonstrasi di depan kantor Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meminta kenaikan UMP Jakarta 2022, Senin (29/11/2021). (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas dan akan menutup sejumlah ruas jalan terkait rencana unjuk rasa yang akan digelar buruh di Balai Kota DKI Jakarta dan Istana, Rabu (8/12/2021). 

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, petugas akan menutup sejumlah ruas jalan menuju titik demo termasuk di antaranya Jalan Medan Merdeka Barat, tepatnya di depan Gedung Sapta Pesona. 

"Ada penutupan. Pertama penutupan depan Gedung Sapta Pesona dan area seputar Monas," ujar Sambodo, mengutip Kompas.com, Rabu.

Namun, Sambodo belum mejelaskan lebih rinci mengenai rekayasa lalu lintas yang sudah disiapkan oleh Polda Metro Jaya. 

Baca Juga: Besok, Ribuan Buruh Geruduk Istana Tuntut Kenaikan UMP Minimal 10 Persen

Lebih lanjut, ia juga menyebut kawasan sekitar Monumen Nasional (Monas) akan ditutup.

Sambodo mengatakan, penutupan di sekitar kawasan Monas akan bersifat situasional mengikuti perkembagan jumlah massa buruh yang melakukan aksi unjuk rasa. 

"Situasional melihat perkembangan jumlah masa buruh," kata Sambodo.

Sebelumnya diberitakan, ribuan buruh dari sejumlah serikat pekerja yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar unjuk rasa menuntut kenaikan upah minimum provinsi (UMP) minimal 10 persen. 

Ketua KSPI, Said Iqbal, mengatakan bahwa serikat pekerja yang akan turun yakni KSPI, KPBI, dan FSPMI.

Aksi unjuk rasa nasional, katanya, akan dipusatkan di Istana Kepresidenan, Gedung MK, dan Balai Kota DKI Jakarta.

Baca Juga: Buruh Pabrik Karet Mogok Kerja

"Hari ini aksi masih dipusatkan di daerah masing-masing, sementara aksi unjuk rasa nasional dipusatkan di Istana, Gedung MK, dan Balai Kota DKI Jakarta akan dilakukan 8 Desember 2021," kata Said dikutip Antara, Selasa (7/12/2021).

Menurut Ketua Umum Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) Ilhamsyah buruh yang siap mengikuti demo di Istana Negara sekitar 10 ribu orang.

"Besok baru semua buruh dari wilayah Jabodetabek akan merapat ke Istana. Kawan-kawan yang sudah konfirmasi ada sekitar 10 ribu," kata Ilhamsyah, Selasa.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x