Kompas TV regional hukum

Babak Baru Kasus Dokter Gadungan Elwizan Aminudin eks PSS, Polisi Diminta Usut Pembuat Ijazah Palsu

Kompas.tv - 8 Desember 2021, 08:43 WIB
babak-baru-kasus-dokter-gadungan-elwizan-aminudin-eks-pss-polisi-diminta-usut-pembuat-ijazah-palsu
Elwizan Aminudin, Dokter Gadungan yang jadi skandal sepakbola nasional sedang berpose saat wawancara bersama Tribun Jogja. Dalam pengakuannya, ia di sepakbola karena cinta (Sumber: Tribun Jogja)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

ACEH, KOMPAS.TV - Kasus dokter gadungan Elwizan Aminudin yang menipu sejumlah klub sepak bola hingga tim nasional atau timnas menyeret nama Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. 

Pasalnya, Elwizan selama ini mengaku sebagai lulusan dari Fakultas Kedokteran universitas tersebut. Sontak, hal itu membuat Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh Prof Samsul Rizal angkat bicara.

Baca Juga: PSSI Diminta Tidak Diam usai Kedok Elwizan Aminudin Terbongkar

Samsul Rizal meminta polisi turun tangan menelusuri jaringan pembuat ijazah palsu dokter gadungan di PSS Sleman Elwizan Aminudin yang kini telah dilaporkan ke polisi.

“Kita sangat mendukung upaya hukum untuk menelusuri siapa pembuat ijazah itu, supaya terbongkar," kata Samsul Rizal di Banda Aceh seperti dikutip dari Antara, Rabu (8/12/2021). 

Samsul menegaskan, Elwizan Aminudin tidak pernah tercatat di Fakultas Kedokteran (FK) USK Banda Aceh. Selain itu, pihak kampus juga tidak pernah mengeluarkan ijazah atas nama yang bersangkutan.

"Kan ada pendataan, yang bersangkutan tidak pernah tercatat, tidak pernah Unsyiah mengeluarkan ijazah atas nama Elwizan Aminuddin. Bisa dicek di PD DIKTI," ujarnya.

Baca Juga: Usai Kasus Elwizan Aminudin Terbongkar, Klub dan Timnas Diminta Perbaiki Manajemen

Menurut Samsul, pengusutan secara tuntas sampai membongkar siapa pembuat ijazah palsu tersebut perlu dilakukan untuk memberikan efek jera, sehingga tidak lagi ada orang dengan sembarangan membuat ijazah.

"Harus ada efek jera, bukan hanya kepada yang bersangkutan yang membeli, tapi yang membuat ijazah atau jaringannya itu harus diusut tuntas," katanya.

Dalam kesempatan ini, Samsul juga mengingatkan kepada penerima kerja mohon untuk dapat mengecek keabsahan ijazah calon pekerja melalui PD DIKTI atau homepage USK.

"Untuk yang ijazah digital bisa cek QR code secara langsung. Kalau ada yang mencurigakan agar langsung ditanyakan ke USK," ucap Samsul.

Baca Juga: Paguyuban Suporter Timnas: Kasus Dokter Gadungan Elwizan Aminudin adalah Skandal Sepak Bola Nasional

Sebelumnya seperti diberitakan KOMPAS.TV, manajemen PT Putra Sleman Sembada selaku perusahaan yang mengelola klub Liga 1, PSS Sleman telah resmi melaporkan Elwizan Aminudin ke polisi lantaran diduga menjadi dokter gadungan.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x