Kompas TV nasional peristiwa

Dilakukan Dini Hari, 512 Prajurit Pengawal Samudera Terima Baret Ungu

Kompas.tv - 7 Desember 2021, 23:13 WIB
dilakukan-dini-hari-512-prajurit-pengawal-samudera-terima-baret-ungu
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono hadir dalam upacara pembaretan prajurit marinis (Sumber:tnial.mil.id-)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 512 prajurit remaja Korps Marinir yang telah selesai melaksanakan pendidikan Komando di Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Kodiklatal menerima baret ungu dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono di Pantai Baruna Kondang Iwak Malang Selatan, Selasa (7/12/2021).

Upacara yang dilakukan pada dinihari itu, sengaja digelar agar para prajurit Jalasena yang juga Prajurit Baret Ungu Pengawal Samudera, mengenal karakter Korps Marinir yang selalu bergerak sigap pada saat terbit fajar.

Dalam kesempatan tersebut  Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan  bahwa dirinya sudah dua kali menyematkan baret ungu secara langsung kepada Prajurit Jalasena yang juga Prajurit Baret Ungu Pengawal Samudera. 

"Upacara pembaretan yang kita saksikan pada pagi hari ini, bukanlah sekedar rangkaian seremonial semata. Pembaretan prajurit remaja Korps Marinir adalah salah satu implementasi Binkorps Marinir dari aspek pembinaan tradisi kultural atau tradisi," katanya dilihat dari situs TNI AL. 

Baca Juga: TNI AL Kerahkan Pasukan Marinir Bantu Penanganan Erupsi Gunung Semeru

Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat menghadiri prosesi pembaretan 512 Prajurit tersebut.

Dari 512 prajurit remaja tersebut terdiri 17 personel Perwira Remaja (Paja) Marinir AAL Angkatan 66, 149 personel Bintara Remaja (Baja) Marinir Dikmaba Angkatan XL/1 dan 148 personel Dikmaba Angkatan XL/2, serta 198 personel Tamtama Remaja (Taja) Marinir Dikmata Angkatan XL/2. Hadir dalam prosesi pembaretan pejabat Utama Mabesal, para Pangkotama TNI AL Wilayah Surabaya dan para Pejabat Utama Kormar. 

Baca Juga: Sambut Hari Armada, TNI AL dan PMI Kumpulkan 75 Kantong Darah

Selain itu hadir pula Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Titi Nurhidayat,  Ketua Daerah Jalasenastri Armada II dan Ketua BS Jalasenastri AAL, Dr Conie Bakri (Pengamat Militer) , Kepala KPH Malang dan Kepala Perhutani Malang.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x