Kompas TV bisnis bumn

Blok Rokan Kejar Target Produksi di 2022, Pertamina akan Lakukan Pengeboran 500 Sumur

Selasa, 7 Desember 2021 | 22:02 WIB
blok-rokan-kejar-target-produksi-di-2022-pertamina-akan-lakukan-pengeboran-500-sumur
Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Principal Expert Upstream Budianto Renyut dan Plant Operations Duri Ari Yunianto saat mengunjungi Blok Rokan (Sumber: Pertamina.com)

RIAU, KOMPAS.TV - PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Hulu Rokan (PHR) akan melakukan pengeboran 500 sumur demi mencapai target produksi Blok Rokan pada 2022 mendatang. 

Direktur Utama Pertamina Hulu Rokan Jaffee A. Suardin mengungkapkan, pihaknya telah menetapkan target produksi mencapai 180.000 barel per hari pada 2022.

Untuk itu, kebutuhan rig pun juga akan meningkat pada tahun depan. Saat ini pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan antara lain maturasi, persiapan lahan hingga konstruksi wellpad

Baca Juga: Pertamina Temukan Cadangan Minyak 20 Juta Barel di Kepulauan Seribu

"Di 2022 akan bertambah jadi 20 rig dan rig Workover Well Service (WOWS) 40 rig yang jadi. Dengan (pengeboran) 400-500 sumur untuk capai rata-rata 180.000 barel per hari (bph). Sudah termasuk (juga) dengan sumur-sumur steam flood heavy oil," beber Jaffe pada Selasa (7/12/2021), dikutip dari Kontan.co.id

Jaffee menjelaskan, teknologi steam flood digunakan untuk mendukung peningkatan produksi. Skema ini diyakini bisa meningkatkan produksi di kisaran 50 persen hingga 85 persen. 

Selain itu, penggunaan teknologi steam flood dikarenakan karakteristik reservoir yang mengandung minyak berat dan kental kerap menghambat proses produksi. 

Penggunaan teknologi steam flood akan memungkinkan reservoir minyak terpanasi, sehingga berdampak pada tingkat viscosity yang rendah dan memudahkan minyak untuk mengalir. 

Baca Juga: Dirut Baru PLN Pernah Jadi Caleg PDIP, YLKI: Yang Utama Kepentingan Konsumen

Untuk jangka panjang, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menargetkan produksi Blok Rokan bisa mencapai 400 ribu bph pada 2030 mendatang. 

Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Kontan.co.id



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:45
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19