Kompas TV nasional kesehatan

Klaim Bio Farma, Alat Tes mBioCov-19 Dapat Deteksi Varian Omicron dengan Akurasi 100 Persen

Kompas.tv - 7 Desember 2021, 21:04 WIB
klaim-bio-farma-alat-tes-mbiocov-19-dapat-deteksi-varian-omicron-dengan-akurasi-100-persen
Ilustrasi temuan kasus Covid-19 varian Omicron. Bio Farma klaim alat uji PCR COVID-19, mBioCoV-19, dapat mendeteksi varian Omicron (B.1.1.529) dengan akurasi 100%.(Sumber: iStockphoto/Thomas Faull)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Bio Farma (Persero) mengeklaim alat uji PCR COVID-19, mBioCoV-19, dapat mendeteksi varian Omicron (B.1.1.529) dengan akurasi 100%, dari sampel yang telah diujikan.

Diketahui, mBioCoV-19 t yang dapat mendeteksi varian Omicron dalam sampel swab maupun sampel kumur ini.merupakan produk kolaborasi Nusantics, perusahaan R&D bioteknologi nasional dengan BUMN PT. Biofarma.

Direktur Utama PT. Bio Farma, Honesty Basyir mengatakan bahwa mBiocov-19 memiliki keunggulan dalam mendeteksi varian-varian virus Covid-19, termasuk Omicron.

“mBioCov-19 sudah tervalidasi memiliki desain akurat yang mampu mendeteksi berbagai mutasi dan yang terakhir, 100% dapat mendeteksi varian Omicron,” kata Honesty dlam keterangan resminya, Selasa (7/12/2021). 

Dia menambahkan kerjasama antara PT. Bio Farma dan Nusantics sejak awal didasari atas komitmen penuh dalam berinovasi.

Lebih lanjut, dia menekankan dengan kemampuan mBioCoV-19 mendeteksi varian omicron,
maka telah menjawab pertanyaan publik mengenai ketersediaan alat uji PCR di dalam negeri yang dapat mendeteksi varian Covid-19 tersebut.

“Saya menegaskan bahwa Indonesia memiliki alat uji PCR yang dapat mendeteksi varian-varian mutasi virus Covid-19, termasuk varian Omicron,” tegas Honesty.

Honesty kemudian mengimbau agar masyarakat Indonesia tidak lengah di ujung pandemi ini.

“Di belahan Bumi bagian Utara yang mulai memasuki musim dingin, Omicron sudah mulai menjadi ancaman utama. Saat ini Indonesia berada dalam situasi yang jauh lebih baik. Tugas kita bersama adalah untuk terus menjaga situasi agar kondusif, dan bahkan membaik," ujarnya. 

Baca Juga: Cegah Penyebaran Omicron, DPR Larang Anggota Legislatif Kunker ke Luar Negeri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x