Kompas TV video sinau

Hati-hati Berkendara Saat Hujan Abu, Simak Tipsnya Berikut Ini

Kompas.tv - 7 Desember 2021, 18:10 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV – Dampak erupsi Gunung Semeru berupa guyuran abu vulkanik melanda sejumlah kawasan di Jawa Timur. Kondisi ini berpengaruh pada aktivitas masyarakat, terutama pengguna kendaraan bermotor baik untuk evakuasi atau distribusi bantuan.

Adanya abu vulkanik membuat jarak pandang menjadi berkurang. Selain itu, kondisi permukaan jalan yang menjadi licin akibat debu bisa meningkatkan berpotensi terjadinya kecelakaan.

Para pengendara sebaiknya lebih lebih berhati-hati saat melintasi guyuran abu vulkanik. Maka dari itu, simak beberapa cara aman berkendara saat terjadi hujan abu vulkanik berikut ini:

1. Turunkan kecepatan

Dilansir dari Kompas.com, Training Direction The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, visibilitas pengemudi akan berkurang saat hujan abu, sehingga risiko kecelakaan meningkat sekitar 20 persen.

Mengurangi kecepatan saat berkendara penting untuk mencegah kecelakaan karena jarak pandang yang terbatas. Selain itu, kemampuan pengendara lain untuk melihat kendaraan yang ada disekitarnya juga berkurang.

Baca Juga: Update Cuaca Pasca Erupsi Semeru: Waspada Lumajang Masih Diguyur Hujang dari Siang hingga Malam

2. Gunakan lampu untuk berkomunikasi

Gunakan lampu untuk komunikasi dengan pengendara lainnya, terutama yang melintas dari arah berlawanan.

Di sisi lain, pengemudi juga harus selalu bersiap dan berhati-hati saat berkendara karena partikel debu dari abu vulkanik akan menghambat pijar cahaya dari lampu.

3. Tutup rapat jendela mobil

Pengemudi mobil disarankan untuk menutup rapat semua kaca jendela saat berkendara di bawah hujan abu vulkanik. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari masuknya partikel debu ke kabin mobil dan mengganggu sirkulasi udara di dalam mobil.

4. Segera bersihkan kendaraan

Usai melintasi jalan yang ditutupi abu vulkanik, sebaiknya pengendara segera membersihkan kendaraannya guna mencegah terjadinya kerusakan pada cat, bodi, bahkan sampai kerusakan mesin.

(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.