Kompas TV video sinau

Panduan Mengubah Data di SIM Bagi Pemilik yang Pindah Domisili

Rabu, 8 Desember 2021 | 07:10 WIB

KOMPAS.TV - Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah kelengkapan yang wajib dimiliki pengemudi kendaraan bermotor. SIM memuat identitas pengemudi yang akan digunakan untuk mendukung kegiatan penyelidikan dan identifikasi forensik kepolisian.

Data-data yang tertera pada SIM merujuk pada keterangan di KTP seperti nama, tanggal lahir, hingga alamat atau domisili pemilik SIM. Jika pemilik SIM mengubah data pada KTP, sebaiknya data pada SIM juga diubah atau diperbarui.

Pengubahan data juga bisa dilakukan ketika ada kesalahan pencatatan data, baik data terkait nama lengkap maupun alamat.

Baca Juga: Resmi, SIM C Dibagi Menjadi Tiga Golongan, Apa Bedanya?

Ralat data dilakukan pada data di KTP terlebih dahulu. Untuk mengubah atau memperbarui data pada SIM, pemohon cukup membawa KTP asli dengan data terbaru, fotokopi KTP, dan SIM asli yang akan diralat datanya.

Koreksi data di SIM bisa segera dilakukan dengan mendatangi kantor Satpas di domisili yang baru, tidak perlu ke lokasi Satpas di domisili awal.

Contohnya, jika alamat pemilik SIM awalnya berada di Jakarta, kemudian pindah ke Malang, maka dapat langsung mendatangi Satpas SIM yang berada di Polres kota Malang.

Selain itu, pemohon juga bisa mengubah data bersamaan saat perpanjangan SIM dengan membawa surat keterangan sehat jasmani dan biaya perpanjangan SIM.

Pengubahan data pada SIM bisa dilakukan pada segala jenis SIM, baik SIM C maupun SIM A. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016, biaya perpanjangan untuk SIM A adalah Rp80.000, dan untuk SIM C sebesar Rp75.000.

Baca Juga: Ini Pengertian, Cara, dan Manfaat Uji Emisi bagi Kendaraan

(*)

Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya

Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA


VOD

Kue Moho, Kudapan Nikmat Khas Imlek di Solo

Jumat, 28 Januari 2022 | 11:33 WIB
Berita Daerah

Batik Irma Susanti yang Mendunia

Jumat, 28 Januari 2022 | 11:28 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
11:51
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19