Kompas TV nasional peristiwa

Pemberantasan Korupsi di Tanah Air Mengkhawatirkan, Korupsi Penyakit Komorbid Miskinkan Bangsa ini

Kompas.tv - 7 Desember 2021, 15:28 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Pemberantasan korupsi di tanah air mengkhawatirkan. Hasil jajak pendapat Litbang Kompas mengatakan, 9 dari 10 responden merasa korupsi sangat parah.

Jajak pendapat itu dirilis Litbang Kompas pada Senin, 6 Desember 2021.

Pada saat bersama, survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia juga memberikan perspektif yang hampir sama. Pihak yang menilai pemberantasan korupsi Indonesia baik dan buruk sama besarnya, Indonesia terbelah dalam isu pemberantasan korupsi.

Dalam survei Indikator Politik Indonesia, kepercayaan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), lembaga yang pernah disegani pada era reformasi, kini memudar.

Peringkat KPK jauh terpuruk ke bawah, kalah jauh dari TNI, Presiden, bahkan Polri. Bahkan, jika digabungkan antara "pihak yang percaya " dan "cukup percaya" kepada KPK, lembaga yang lahir dari rahim reformasi itu berada di peringkat kedelapan.

Hasil survei adalah potret, terserah para penyelenggara negara menyikapinya, mau biasa-biasa saja, atau mau berpikir
“emang gue pikirin” pilihan itu ada kepada penyelenggara negara.

Baca Juga: Ini Daftar Lengkap Pegawai KPK yang Terima dan Tolak Jadi ASN Polri

Namun, kita mau ingatkan bahwa hasil survei atau jajak pendapat itu adalah alarm keras dari rakyat akan bahaya korupsi yang bisa mengancam sendi-sendi bangsa ini.

Usaha dagang Belanda di Indonesia (VOC) runtuh karena korupsi, rezim orde baru yang berkuasa 32 tahun berakhir, karena korupsi masif.

Hasil survei itu menunjukkan bahwa korupsi adalah penyakit komorbid bangsa ini, penyakit komorbid yang memiskinkan bangsa.

Sangat memprihatinkan saat lembaga yang sangat disegani dalam pemberantasan korupsi kini mulai kehilangan tajinya.

Sejarah bangsa menunjukkan bangsa ini butuh sosok disegani, sosok yang diteladani. Kini sosok itu menghilang, disingkirkan secara sistem.

Terlepas dari kritik publik terhadap 57 pegawai KPK yang tidak diloloskan dalam tes wawasan kebangsaan, mereka adalah orang-orang yang telah bekerja untuk memberantas korupsi negeri ini.

Baca Juga: Bergabung ke Polri, Mantan Penyidik KPK akan Pelototi Potensi Korupsi di 3 Hal Ini

Kini mereka direkrut Polri, hal itu menunjukkan kredibilitas tes wawasan kebangsaan (TWK) yang dilakukan KPK bermasalah.

Sayangnya, Pimpinan KPK yang terbukti menjadi "perantara" perkara tersangka dan mengarahkan tersangka untuk mencari advokat tertentu dan sudah dijatuhi hukuman oleh Dewan Pengawas KPK tetap dipertahankan, pada saat itulah kredibilitas KPK runtuh.

Bagaimana KPK mampu meraih kepercayaan publik kalau pimpinannya bermasalah?

Pada sisi lain masyarakat kian permisif terhadap korupsi.

Butuh energi besar untuk merespons sinyal bahaya publik yang terbaca melalui survei, butuh langkah signifikan yang perlu dilakukan bersama agar bangsa ini bisa selamat dari ancaman virus korupsi, tidak ada salahnya meminggirkan orang bermasalah di lembaga antikorupsi dan sudah dibuktikan demi meraih kembali kepercayaan publik.

Demi kepentingan bangsa lebih besar, banyak pihak harus berperan, pemerintah, penegak hukum, termasuk organisasi advokat yang selama ini tidak pernah dianggap.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x