Kompas TV regional berita daerah

Jateng Siaga Hadapi Erupsi Gunung Merapi

Kompas.tv - 7 Desember 2021, 14:53 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua pihak untuk bersiaga menghadapi erupsi Gunung Merapi, termasuk skenario luncuran awan panas yang disebut akan mengarah ke wilayah tertentu akibat tiupan angin. 

Ganjar Pranowo usai melepas para relawan dan bantuan bagi warga korban erupsi Gunung Semeru, Senin (06/12/21) mengatakan, informasi yang diperoleh dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dan BPBD Kabupaten-Kota di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (04/12/21) terdapat erupsi yang dimulai sejak Januari hingga saat ini. Pihak terkait terus melakukan pantauan pertumbuhan kubah lava dan awan panas pada Gunung Merapi, hasil pantauan erupsi belum akan berakhir. "Dengan curah hujan seperti ini, begitu ada kondisi semacam itu, begitu peluit ditiup, informasi diberikan, segera kita mengungsi, jangan ambil resiko," kata Ganjar. 

Ganjar juga memperingatkan para penambang batu dan pasir, terutama yang illegal untuk tidak berada di sungai yang berhulu pada Gunung Merapi. Gubernur juga sudah koordinasi dengan Polda Jawa Tengah untuk menertibkan para penambang pasir. 

#erupsimerapi #siagamerapi #bpptkg



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.