Kompas TV nasional kesehatan

Penanganan Awal Bila Anda Terserang Vertigo

Kompas.tv - 7 Desember 2021, 14:40 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV – Kebanyakan orang tidak sadar bahwa sakit kepala atau pusing yang dirasakan adalah vertigo. Bahkan tak sedikit yang mengabaikan hal tersebut.

Padahal ada bahaya yang mengintai akibat vertigo sobat sehat. Oleh sebab itu penting untuk mengenal lebih dalam tentang penyakit vertigo.

Serangan vertigo bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit, namun ada juga penderita yang merasakan serangan vertigo dalam hitungan jam bahkan hari.

Perbedaan lama tidaknya serangan vertigo dan sering tidaknya vertigo muncul, tergantung pada penyebabnya.

Dengan mengetahui penyebab vertigo kumat, dokter bisa menemukan jenis pengobatan yang tepat sebagai cara mengatasi vertigo.

Baca Juga: Wanita Lebih Rentan Kena Vertigo, Ternyata Ini Penyebabnya

Lalu bagaimana penanganan awal jika orang baru pertama kali terkena vertigo?

Dalam dialog Ayo Sehat dijelaskan bahwa, penanganan awal bagi penderita vertigo adalah dengan beristirah, tidur dengan posisi badan yang telentang agar sirkulasi otak kembali pulih.

Hindari pula pergerakan yang mendadak, misalnya bergerakan kepala ke arah kanan atau kiri.

Penderita vertigo juga tidak disarankan bangun secara tiba-tiba. Lakukan gerakan bangun secara perlahan lalu duduk sejenak.

Selain itu juga orang dengan strees tinggi cenderung mengalami vertigo dimana kepala akan terasa berputar, dan tidak memiliki keluhan yang hebat.

Disclaimer: Epidose ini sudah pernah tayang di KompasTV dan diupload ulang di channel YouTube pada tanggal 25 Maret 2021.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x