Kompas TV regional berita daerah

Program Padat Karya Infrastruktur Di Tengah Pandemi

Kompas.tv - 7 Desember 2021, 12:45 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta  didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja dan camat Nusa Penida membuka kegiatan padat karya insfrastruktur berupa pembukaan jalan Telaga Sakti menuju Goa Gede di Dusun Pendem, Desa Pejukutan,  Kecamatan Nusa, Sabtu (4/12) lalu.

Jalan baru sepajang 850 meter tersebut dibuat dengan sistem pengerjaan padat karya, dimana pekerjanya adalah warga setempat dengan rentang waktu pengerjaan selama 20 hari yang diupah dan dibiayai dari dana APBD tahun 2021  sebesar Rp 223 juta.

Seperti diketahui, program padat karya, untuk pembangunan jalan baru skala jarak pendek,  hingga saat ini masih diterapkan di Kabupaten Klungkung.

Menurut Bupati Klungkung, program padat karya ini merupakan pemberdayaan warga, ditengah situasi pandemic Covid-19. Hal ini  agar dana yang digunakan juga bisa dinikmati warga, selain wajib untuk ikut bersama membangun jalan baru untuk memperlancar kegiatan sosial ekonomi warga setempat.

Pemberdayaan masyarakat dengan pola ini diharapkan juga dapat memberdayakan potensi sumber daya seperti akses jalan Goa Gede . Dimana Goa Gede ini menjadi situs yang sedang diteliti oleh Badan Arkeologi untuk diuji. Goa Gede ini merupakan satu-satunya goa purba hunian pada jaman dulu.

 

 

#padatkarya #goagede #nusapenida

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x