Kompas TV regional update

Tinjau Korban Erupsi Semeru, Kapolri Perintahkan Jajarannya Buka Jalur Evakuasi

Kompas.tv - 7 Desember 2021, 12:15 WIB
tinjau-korban-erupsi-semeru-kapolri-perintahkan-jajarannya-buka-jalur-evakuasi
Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, memerintahkan jajarannya untuk membuat jalur transportasi alternatif di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru. (Sumber: Humas Polri)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kepala Kepolisian RI (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo, memerintahkan jajarannya membuka jalur sebagai alternatif akses yang terputus ke area bencana erupsi Gunung Semeru.

Permintaan Kapolri tersebut disampaikan seusai meninjau lokasi pengungsian korban bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur (Jatim), Senin (6/12/2021) malam. Dalam peninjauan itu, Kapolri mendengar harapan sejumlah warga setelah runtuhnya jembatan penghubung Lumajang-Malang.

Pembukaan jalur baru diyakini memperlancar distribusi bantuan dan evakuasi korban terdampak erupsi Gunung Semeru ke rumah sakit.

Baca Juga: Terbaru! Presiden Jokowi Baru Tiba di Lumajang, Langsung Tinjau Tenda Pengungsian Erupsi Semeru

“Kemudian jangka menengah tadi kami mendapat banyak masukan dan harapan dari masyarakat karena ada jembatan putus yang menghubungkan lokasi Lumajang ke arah Malang. Ini perlu ada langkah cepat alternatif jalur transportasi yang baru, dan ini sangat penting,” kata Kapolri, melalui keterangan tertulis di laman resmi Polri.

Dalam peninjauan tersebut, Kapolri juga melihat langsung kesiapan satgas gabungan dalam melakukan langkah-langkah mulai dari evakuasi hingga penanganan korban selamat.

Menurutnya, semua proses penanganan berjalan dengan baik dan sangat bersinergi antara satu instansi dan lainnya.

“Semuanya berjalan dengan baik. Teman-teman dari Basarnas, BNPB, TNI, Polri semuanya bekerja sangat baik bersinergi,” ungkap Kapolri.

Dia juga menyampaikan beberapa langkah yang dilakukan satgas gabungan,  baik jangka pendek maupun menengah setelah terjadinya erupsi Gunung Semeru.

Jangka pendeknya, satgas gabungan melanjutkan proses pencarian dan evakuasi terhadap korban yang belum ditemukan.

“Kemudian jangka menengah tadi kami mendapat banyak masukan dan harapan dari masyarakat karena ada jembatan putus yang menghubungkan lokasi Lumajang ke arah Malang,” jelas Kapolri.

Kapolri juga meminta satgas gabungan merelokasi masyarakat sekitar lokasi erupsi Gunung Semeru, agar tak ada lagi korban jiwa jika terjadi erupsi susulan.

“Sekali lagi kami memberikan semangat ke rekan-rekan yang bertugas dan kita harapkan seluruh kegiatan pasca bencana ini betul-betul bisa terlaksana dengan baik dan semuanya bisa menjalankan aktivitas sehari-hari, setelah tahapan-tahapan yang dilaksanakan,” ungkap Kapolri.

Saat mengecek kondisi di pengungsian, Sigit yang ditemani Ketua Umum Bhayangkari Juliati Listyo Sigit, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, memang sempat berbincang dengan sejumlah korban terdampak erupsi.

Baca Juga: Belajar dari Erupsi Semeru, Ganjar Peringatkan Warga Sekitar Gunung Merapi untuk Siaga

Sigit terlihat mengusap kepala anak-anak yang datang menghampirinya. Setelah itu Sigit mendatangi dua pria usia lanjut yang duduk beralaskan tikar untuk menanyakan kebutuhan mereka selama di pengungsian.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.