Kompas TV video sinau

Suka Jajan yang Manis-manis ? Wajib Tahu Perbedaan Leker dan Crepes

Kompas.tv - 7 Desember 2021, 11:34 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Indonesia memiliki banyak jenis camilan manis yang jadi kesukaan masyarakatnya, termasuk kue leker dan crepes. Keduanya memiliki penampilan yang mirip, juga sama-sama tipis dan renyah.

Nama crepes sedikit ke barat-baratan, crepes memang berasal dari Eropa sejak abad ke 13, lebih tepatnya dari Bretagne, sebuah wilayah di Prancis bagian barat. Crepes asalnya dari bahasa latin “Crispa” yang artinya keriting, merujuk ke pancake kering dan tipis.

Nah, kue leker merupakan camilan yang berasal dari tanah air. Tidak ada literatur pasti, yang menyebutkan asal muasal leker ini. Tapi ada sumber yang mengatakan, kue leker berasal dari kota Solo. Menurut halaman resmi Pemerintah Surakarta. Dahulu banyak orang Belanda yang tinggal di Solo  menggemari jajanan ini.Leker awalnya berasal dari bahasa Belanda yaitu Lekker, yang artinya enak. Dari sini nama jajanan ini tercipta, karena Setiap orang Belanda selesai memakan jajanan itu sering diakhiri dengan mengucap kata Lekker. 

Kamu lebih suka leker atau crepes? Dua-duanya nikmat dijadikan jajanan sambil menikmati waktu senggang bersama sahabat atau keluarga di rumah. 

Baca Juga: Resep Enak Jajanan Bakso Goreng Mekar dan Bakso Goreng Ikan Tenggiri yang Gurih!

Grafis: Arief Rahman

 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x