Kompas TV regional berita daerah

Seorang Ibu Lahirkan Tiga Bayi Sekaligus

Kompas.tv - 7 Desember 2021, 10:41 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Warniti 30 tahun ibu asal Desa Sumbaga, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, ini tidak menyangka di kehamilannya yang ketiga kalinya bakal melahirkan bayi kembar tiga. Meski ketiga bayinya dilahirkan dengan operasi caesar karena usia kandungan tujuh bulan, namun warniti bersyukur bisa memiliki bayi kembar tiga atau triplet dalam istilah kedokteran.

 

Awalnya, ia mengetahui di dalam kandungannya terdapat tiga bayi, yakni saat mengikuti Posyandu.

 

Saat itu, bidan yang memeriksa selalu menyampaikan ke warniti kalau ia salah menghitung usia kandungan. Karena ukuran perut yang lebih besar, padahal saat itu usia kandungan masih lima bulan, tapi ukuran perutnya seperti sudah tujuh bulan.

 

Warniti pun akhirnya melakukan USG di salah satu rumah sakit. Setelah itu ia baru tahu kalau di perutnya ada tiga janin. Sementara dalam proses kelahiran ketiga bayi kembar ini antar bayi ada selisih sekitar satu menit. Pertama pukul delapan lebih empat puluh menit. Kemudian yang kedua pukul delapan lebih empat puluh satu menit dan yang ketiga pukul delapan lebih empat puluh dua menit.

 

Kondisi ketiga bayi kembar pun semakin membaik jika dibandingkan saat baru pertama kali dilahirkan. Sebelumnya ketiga bayi menggunakan alat bantu pernapasan dan saat ini sudah dilepas. Meski demikian, ia tidak bisa menentukan bayi akan dirawat sampai berapa lama.

 

Pihak rumah rumah sakit menyebut, kasus ibu melahirkan bayi kembar tiga bukan kali pertama melainkan sudah yang ketiga kali ini. Dari ketiga kasus, semuanya tertangani dengan baik. Bahkan jika ibu yang melahirkan dari kalangan tidak mampu, pihak rumah sakit pun tetap memberikan kemudahan dalam penanganannya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x