Kompas TV nasional kesehatan

Hati-hati yang Suka Konsumsi Mi Instan Dua Kali Seminggu, Rentan Kena Penyakit Berbahaya Ini

Kompas.tv - 7 Desember 2021, 10:56 WIB
hati-hati-yang-suka-konsumsi-mi-instan-dua-kali-seminggu-rentan-kena-penyakit-berbahaya-ini
Ilustrasi memakan mi instan dua kali seminggu ternyata meningkatkan resiko penyakit ini. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mi instan merupakan makanan yang mudah dijumpai di manapun. Selain itu, kemudahan membuatnya dan cita rasanya yang nikmat menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang menyukainya.

Mengonsumsi mi instan memang tidak berbahaya apabila tidak dilakukan secara berlebihan. Hal ini karena kandungan tertentu dari mi instan yang ternyata bisa menimbulkan penyakit.

Menurut penelitian dari Journal of Nutrition, perempuan yang memakan mi instan dua kali seminggu atau lebih berisiko lebih tinggi terkena sindrom metabolik dibandingkan dengan yang tidak makan mi instan sama sekali.

Sindrom metabolik adalah sekumpulan gejala penyakit yang meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Baca Juga: 3 Tips Aman Mengonsumsi Mi Instan Saat Hujan

Sindrom metabolik mencakup tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang, dan kadar kolesterol yang tidak normal. 

Melansir Healthline, kandungan mi instan tidak cukup baik untuk kesehatan. Sebagian besar jenis mi instan cenderung rendah kalori, serat, dan protein, dengan jumlah lemak, karbohidrat, natrium, dan mikronutrien tertentu yang lebih tinggi.

Selain itu, kebanyakan mi instan juga mengandung monosodium glutamat (MSG), yang umum digunakan untuk meningkatkan rasa pada makanan olahan.

Beberapa penelitian menyebutkan mengonsumsi MSG yang sangat tinggi bisa menambah berat badan dan bahkan peningkatan tekanan darah, sakit kepala, dan mual.

Baca Juga: Suka Makan Mi Instan Bareng Nasi? Dokter Peringatkan Bisa Picu Penyakit Ini

Beberapa penelitian lain juga menunjukkan MSG dapat berdampak negatif terhadap kesehatan otak apabila dikonsumsi di atas jumlah kewajaran.

Seorang ahli gizi di New York University, Lisa Young mengatakan, mi instan boleh dikonsumsi asalkan tidak setiap hari.

Selain itu, Lisa menyarankan agar sebaiknya mengonsumsi mi instan dengan cara mengkombinasikan dengan sayur, telur atau bahan lain yang memiliki nutrisi lebih sehat.



Sumber : Healthline

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.