Kompas TV internasional kompas dunia

Medsos Buatan Donald Trump, Truth Social, Disuntik Investor Rp17,8 T

Selasa, 7 Desember 2021 | 10:34 WIB
medsos-buatan-donald-trump-truth-social-disuntik-investor-rp17-8-t
Media sosial yang didirikan mantan Presiden AS Donald Trump, Truth Social, mendapat investasi sebesar Rp17,8 T. Trump akan menggunakan Truth Social untuk melawan Instagram, Facebook, dan Twitter yang telah memboikot dirinya (7/12/2021). (Sumber: AP Photo/Chris Seward)

Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

NEW YORK, KOMPAS.TV- Media sosial buatan mantan Presiden AS Donald Trump, Truth Social, mendapat pendanaan sekitar 1,25 miliar dollar AS dari investor. Jumlah itu setara dengan Rp17,8 triliun (asumsi kurs Rp14.300).

Sperti dikutip dari Business Insider, Selasa (7/12/2021), Truth Social berada di bawah naungan salah satu perusahaan Trump. Yaitu Trump Media & Technology Corp (TMGT). Perusahan itu kemudian bekerja sama dengan Digital World Acquisition Corp (DWAC) mencari investor yang mau mendanai pengembangan Truth Social.

Upaya itu berhasil. Investor yang namanya tidak diungkapkan ke publik, menaruh dananya di Truth Social lewat skema private investment in public equity (PIPE). Trump pun sangat senang dengan kehadiran investor baru ini. Ia menyebut investasi itu akan memberi kekuatan pada sosmed besutannya, untuk melawan dominasi sosmed milik Mark Zuckerberg (Instagram, Facebook) dan Twitter.

Baca Juga: Varian Omicron Sudah Masuk ke 16 Negara Bagian AS

" 1 miliar dollar AS mengirimkan pesan penting ke perusahaan teknologi raksasa bahwa sensor dan diskriminasi politik harus diakhiri. Amerika siap untuk kedatangan Truth Social, sebuah platform yang tidak akan melakukan diskriminasi atas dasar ideologi politik," kata Trump.

Sementara itu, manajemen TMGT menyatakan Truth Sosial ditargetkan diluncurkan pada awal tahun depan, dalam bentuk web dan aplikasi. Pihak TMGT akan melakukan uji coba dulu kepada pengguna.

Donald Trump memutuskan untuk membuat media sosial sendiri, karena diboikot Twitter, Facebook, dan Instagram untuk selamanya. Sehingga Trump tidak bisa lagi membuat akun di ketiga medsos tersebut.

Baca Juga: Deteksi Kasus Varian Omicron Kedua, Jepang Setop Jual Tiket Pesawat

Padahal sebelumnya, ia sangat rajin menggunakan ketiganya. Bahkan ketika menjabat sebagai presiden AS, ia kerap menyampaikan kebijakan-kebijakan yang dibuatnya lewat medsos.

Namun sejak peristiwa kerusuhan di Gedung Capitol Januari lalu dan Trump menunjukkan dukungannya, 3 raksasa medsos itu memblokir Trump. Ia disebut sengaja memprovokasi pendukungnya untuk masuk ke Gedung Capitol dan membuat kerusuhan.

Sumber :


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:08
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19