Kompas TV internasional kompas dunia

Pupuk Urea Sedang Langka di Dunia, Imbasnya Menyebar ke Seluruh Sektor dan Penjuru

Selasa, 7 Desember 2021 | 09:50 WIB
pupuk-urea-sedang-langka-di-dunia-imbasnya-menyebar-ke-seluruh-sektor-dan-penjuru
Warga Iksan, Korea Selatan mengantri untuk membeli pupuk urea pada 9 November 2021. Kelangkaan urea akibat berbagai faktor yang tidak disangka-sangka, mulai membuat banyak sektor merasakan dampaknya. (Sumber: Straits Times via Reuters)

SEOUL, KOMPAS.TV - Ini adalah kisah salah satu kekuatan tanpa tanda jasa yang diam-diam membuat dunia terus berputar, kisah jarum jam peradaban modern yang saling mengkait, dan bagaimana gangguan di satu bagian bumi dapat memicu badai di bagian lain.

Ini adalah kisah tentang urea. Ya betul, pupuk urea.

Harga untuk bahan kimia sederhana, yang juga terdapat dalam urin, melonjak gila-gilaan sampai ke tingkat tertinggi dalam lebih dari satu dekade.

Saat ini dengan segala kekurangan dan kekhawatiran inflasi, itu saja mungkin tidak terdengar terlalu mengejutkan. Tetapi urea menghubungkan beberapa untaian gangguan ekonomi global yang berbeda, menunjukkan betapa mudahnya cuaca ekstrem dan gejolak pengiriman dapat menyebabkan masalah rantai pasokan bisa menyebar.

Masyarakat dan industri dari segala lapisan dan sektor merasakan guncangan kelangkaan urea. Di India, kelangkaan urea membuat para petani khawatir akan mata pencaharian mereka. Di Korea Selatan, itu berarti pengemudi truk tidak dapat menghidupkan mesin mereka.

Urea adalah jenis pupuk pertanian yang penting, sehingga kenaikan harga pada akhirnya bisa berarti biaya yang lebih tinggi di meja makan di seluruh dunia.

Indeks harga pangan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB, yaitu FAO sudah berada di level tertinggi sejak 2011. Pandemi virus corona menyebabkan sejumlah besar orang menghadapi kelaparan, dan kenaikan harga pangan dapat menyebabkan lebih banyak lagi kesulitan memenuhi kebutuhan pangan dasar. Harga dua makanan nabati lain yang banyak digunakan juga meroket.

Salah satu alasan besar melonjaknya harga pupuk adalah melonjaknya harga batu bara dan gas alam. Urea dalam urin Anda diproduksi di hati. Jenis industri ini dibuat melalui proses berabad-abad yang mengubah gas alam atau gas yang berasal dari batubara menjadi amonia, yang kemudian digunakan untuk mensintesis urea.

Tapi sebuah perjumpaan yang aneh dari faktor-faktor lain juga ikut mendongkrak harga.

Baca Juga: Pupuk Organik dari Kotoran Ternak dan Abu Sekam, Solusi Kelangkaan Pupuk

Tingginya harga gas alam membuat pabrik pupuk di Inggris menghentikan produksinya, memperparah kelangkaan pupuk (Sumber: Straits Times via Reuters)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV/Straits Times



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

317 Rumah Rusak, Warga Pun Mengungsi

Selasa, 25 Januari 2022 | 15:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
15:22
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19