Kompas TV regional peristiwa

Ternyata PVMBG Pernah Keluarkan Peringatan Dini Bencana Gunung Semeru, tapi BPBD dan Pemda Abai

Kompas.tv - 7 Desember 2021, 05:05 WIB
ternyata-pvmbg-pernah-keluarkan-peringatan-dini-bencana-gunung-semeru-tapi-bpbd-dan-pemda-abai
Seorang personel tim penyelamat berjalan di wilayah yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (Sumber: AP Photo/Trisnadi)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah mengeluarkan peringatan dini sebelum terjadinya erupsi besar Gunung Semeru Sabtu 4 Desember 2021 lalu.

Jika peringatan tersebut ditindaklanjuti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemerintah Daerah di sekitar Gunung Semeru, maka potensi adanya korban saat erupsi dapat dihindari.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Eko Budi Lelono dalam wawancara di Breaking News Kompas TV, Senin (6/12/2021).

Dia menjelaskan, daerah-daerah yang saat ini terdampak bencana erupsi Gunung Semeru, sudah masuk dalam peta rawan bencana sebagai bagian dari sistem peringatan dini. PVMBG sudah menyampaikan peta itu ke BPBD dan Pemda setempat.

Bahkan PVMBG sebelum erupsi besar Sabtu 4 Desember lalu, juga sudah merekomendasikan agar daerah-daerah tersebut steril dari kegiatan.

“Kami sudah sampaikan kawasan rawan bencana tiga harusnya tidak ada kegiatan, karena memang berbahaya untuk terkena awan panas guguran,” kata Budi Eko Lelono.

Budi Eko Lelono menjelaskan ada sistem peringatan dini (early warning system) terkait bencana geologi seperti erupsi gunung berapi.

Dalam sistem peringatan dini tersebut, PVMBG berwenang mengeluarkan peringatan soal daerah-daerah yang rawan bencana, dan juga berwenang mengeluarkan rekomendasi yang harus dilakukan BPBD dan Pemerintah Daerah.

Baca Juga: Tak Ingin Tinggalkan Ibunya, Rumini Ditemukan Meninggal dalam Posisi Berpelukan Usai Erupsi Semeru

Terkait erupsi Gunung Semeru, PVMBG juga sudah sejak lama mengeluarkan peta rawan bencana. Dalam peta tersebut, tergambar daerah-daerah apa saja yang rawan, jika terjadi erupsi besar Gunung Semeru.

“Peringatan dini yang kami buat, pertama, dalam bentuk peta-peta rawan bencana. Di mana kami membuat zona atau radius-radius terkait dengan jika ada erupsi. Kita buat radius, satu kilometer, lima kilometer, delapan kilometer dan seterusnya,”. Katanya.

Menurut Eko Budi Lelono, peta rawan bencana tersebut dibuat, karena memang di tahun 2021 ini sudah sering terjadi erupsi di Semeru, meskipun tidak sebesar erupsi yang terjadi pada Sabtu 4 Desember 2021 lalu.

“Setiap bulan pasti ada erupsi,” ujar Eko.

Karena itu PVMBG juga membuat rekomendasi kepada BPBD dan Pemda di sekitar Gunung Semeru (Kabupaten Lumajang, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur) agar daerah yang masuk peta rawan bencana, steril dari kegiatan.

Eko menjelaskan rekomendasi yang telah dikeluarkan PVMBG antara lain, agar daerah dalam radius lima kilometer harus dikosongkan. Selain itu, untuk daerah aliran dari kawah yaitu ke arah tenggara dan selatan misalnya di Besuk Kobokan, juga harus steril dari kegiatan.

Baca Juga: Bupati Lumajang Sebut Kemungkinan Masih Banyak Warga Hilang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x