Kompas TV regional berita daerah

Universitas Brawijaya Malang Sebut Novia Widyasari Pernah Jadi Korban Pelecehan Seksual

Kompas.tv - 6 Desember 2021, 22:09 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Pihak Universitas Brawijaya Malang membenarkan bahwa Novia Widyasari, adalah mahasiswa UB.

Dalam keterangan resminya pada awak media, Minggu (05/12/2021), UB menyebut Novia adalah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Budaya angkatan tahun 2016.

Pihak kampus menyampaikan duka cita mendalam atas kasus meninggalnya Novia yang tragis. 

Dekan FIB Universitas Brawijaya Malang Agus Suman menyebut pada tahun 2020, Novia sempat melaporkan pelecehan seksual yang dialaminya.

"Awal Januari 2020 melaporkan kasus pelecehan seksual yang pernah dialaminya, kepada fungsionaris FIB. Pelaku kakak tingkat yang juga mahasiswa prodi Bahasa Inggris FIB dengan inisial RAW. FIB menindaklanjuti dengan komite etik untuk penanganan kasus. Setelah melakukan pemeriksaan, UB memberi sanksi dan pembinaan kepada RAW, dengan pemberian konseling sesuai aturan berlaku" terang Agus.

Sementara itu perwakilan kantor layanan hukum UB, Lucky Endrawati, menyebut pada Agustus lalu Novia sempat melaporkan dan berkonsultasi atas kasus yang dialaminya bersama anggota Polres Pasuruan, Bripda Randy, ke Woman Crisis Centre (WCC) Dian Mutiara.

Novia disebut tengah dilakukan pendampingan dan belum sampai di proses mitigasi, hingga kemudian ditemukan meninggal dunia.

"Pada bulan Agustus, WCC Dian Mutiara kebetulan saya jadi konsultan, Tahun 2021 ini NWR berkonsultasi untuk kasus yang dialaminya sekarang bersama oknum Polri. Hubungi saya, bu ini bagaimana? Tentang kasus hukumnya. Kemudian dari WCC melakukan pendampingan. Dikuatkan dulu selanjutnya ke proses hukum. Agustus akhir sampai September, bulan November juga bilang masih proses penguatan. Sampai info terakhir Jumat pagi korban meninggal dunia. Sempat melapor, sempat konsultasi, tapi belum sampai proses mitigasi" kata Lucky.

Sebelumnya Novia ditemukan meninggal dunia di samping makam ayahnya di Mojokerto. Korban diduga bunuh diri dengan cara meminum racun, sebab di dekat jenazah korban ditemukan botol berisi cairan yang diduga mengandung racun.

Sebelumnya kisah cinta Novia yang tragis juga menjadi trending topik di twitter. 

#savenoviawidyasari 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x