Kompas TV olahraga kompas sport

Klub Norwegia Ini Bikin Jersei dengan Kode QR demi Hak Asasi Manusia

Kompas.tv - 6 Desember 2021, 21:17 WIB
klub-norwegia-ini-bikin-jersei-dengan-kode-qr-demi-hak-asasi-manusia
Jersei ketiga Tromso IL yang memuat kode QR. (Sumber: Tromso IL)

TROMSO, KOMPAS.TV - Klub Liga Utama Norwegia (Eliteserien), Tromso IL merilis jersei dengan kode QR pada Senin (6/12/2021). Tromso mengklaim jersei itu adalah “jersei sepak bola pertama di dunia dengan kode QR.”

Tromso pun memuat pesan pembelaan hak asasi manusia dalam jersei canggihnya itu. 

Juara dua kali Piala Norwegia ini mengembangkan jersei berkode QR melalui kerja sama dengan Amnesty International. 

Saat dipindai, kode QR di jersei Tromso akan mengarahkan pengguna ke situsweb yang memuat informasi tentang hak asasi manusia dan sportwashing, istilah yang merujuk “pencucian” citra pelanggar HAM lewat olahraga.

“Dengan melakukan ini, kami harap bisa memantik lebih banyak diskusi, lebih banyak debat. Kami ingin melihat lebih banyak aksi (penegakan hak asasi manusia),” kata Tom Hogli, eks pemain sekaligus Kepala Humas Tromso dikutip France24.

Baca Juga: Allegri dan Morata Bertengkar di Tengah Laga Juventus vs Genoa, Ada Apa?

Kampanye Tromso soal sportwashing terkait dengan kiprah investor atau Arab di sepak bola yang tersandung pelanggaran HAM. Salah satunya adalah Piala Dunia 2022 di Qatar.

Qatar disorot karena perlakuan buruk mereka terhadap pekerja migran. Sejak memenangkan status tuan rumah Piala Dunia, dilaporkan terdapat lebih dari 6.500 pekerja migran yang meninggal di Qatar, lusinan di antaranya dalam proyek konstruksi tempat penyelenggaraan Piala Dunia.

Tromso sendiri pernah menyerukan boikot kepada Piala Dunia Qatar pada Februari lalu. Mereka mengancam boikot karena prihatin atas nasib pekerja migran di negara itu.

Kampanye Tromso sempat disambut klub-klub lain. Namun, federasi sepak bola Norwegia memutuskan untuk tidak memboikot Piala Dunia Qatar.

Timnas Norwegia sendiri gagal lolos ke ajang empat tahunan tersebut.

Jersei kode QR Tromso akan dipakai pertama kali dalam pertandingan Eliteserien pada Minggu (12/12) mendatang. Tromso akan menjamu Viking dalam laga tersebut.

Baca Juga: Daftar Timnas yang Pastikan Diri Lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x