Kompas TV regional berita daerah

Rumah Megah Dengan 5 Tempat Ibadah Lintas Agama

Kompas.tv - 6 Desember 2021, 19:51 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Rumah peninggalan seorang Kiai di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, kini sedang ramai dikunjungi warga.  Sebab di kompleks rumah megah ini, terdapat 5 tempat ibadah lintas agama yang letaknya saling berdampingan. Selain itu, juga terdapat makam sang kyai yang kini menjadi jujugan para peziarah.

Rumah peninggalan seorang kyai bernama Aly Murshid di Desa Bulakrejo,  Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun,  Jawa Timur, belakangan ini membuat penasaran warganet. Rumah yang bisa dibilang sangat megah bak istana yang berdiri diatas tanah seluas 1,5 hektar ini,  sempat viral karena memiliki keunikan tersendiri hingga menjadi jujugan para peziarah dari berbagai daerah.

Ternyata,  di kompleks rumah peninggalan almarhum KH. Aly Murshid ini terdapat sejumlah tempat ibadah lintas agama yang ada di Indonesia.  Diantaranya ada masjid, gereja, pura,  vihara, dan tempat ibadah umat konghucu. Tempat ibadah tersebut letaknya juga saling berdampingan antara satu dengan yang lainnya. 

Kepala Desa Bulakrejo Muhammad Zaenuri mengetahui betul sejarah berdirinya bangunan peninggalan kyai ternama di desanya ini. Menurutnya pembangunan dimulai sekitar tahun 1980 an dan dilakukan secara bertahap.  Saat itu rumah megah ini dihuni seorang diri oleh almarhum Kiai Aly Murshid,  yang memang belum pernah menikah semasa hidupnya. 

Kemudian setelah beliau wafat pada tahun 2007,  rumah tersebut selanjutnya dihuni oleh saudaranya yang bernama  Aly Muslich dan menetap seorang diri hingga saat ini. Bangunan tempat ibadah lintas agama di dalamnya ini,  dibangun sebagai simbol toleransi antar umat beragama yang tanpa memandang suatu perbedaan antara agama satu dengan lainnya. 

Di dalam kompleks bangunan ini,  terdapat makam sang Kiai almarhum KH. Aly Murshid, yang berada tepat didepan bangunan utama. Setiap hari,  para peziarah dari berbagai daerah selalu berdatangan. Mereka datang dari wilayah sekitar madiun seperti dari Ngawi, Ponorogo, hingga peziarah dari Surabaya. 

Selain sebagai jujugan wisata religi,  tempat yang indah dan megah ini juga dijadikan tempat rekreasi oleh warga.  Jika anda penasaran, lokasi rumah unik ini cukup strategis. Hanya berjarak sekitar 3 kilometer saja ke arah selatan dari gerbang tol Caruban Madiun.

#beritamadiun
#rumahmegah
#toleransi
#potrettoleransi
#rumahibadah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x