Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Kopi Indonesia Makin Harum, Kini Dipasarkan Hingga ke Australia

Senin, 6 Desember 2021 | 20:08 WIB
kopi-indonesia-makin-harum-kini-dipasarkan-hingga-ke-australia
Ilustrasi - Kopi Indonesia dipromosikan lewat acara “Indonesian Coffee Cupping” untuk menjangkau pasar Australia.  (Sumber: Kompas.TV/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Indonesia menyasar pasar Australia untuk memperluas ekspor kopi dalam  negeri.

Tujuannya, selain membuka pasar ekspor di Australia melalui pemanfaatan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA- CEPA), juga sebagai bentuk dukungan untuk petani kopi di Indonesia yang mengalami kesulitan akibat banyaknya kedai kopi di Indonesia yang tutup akibat pandemi Covid-19.

Promosi  pun dilakukan lewat acara “Indonesian Coffee Cupping” dengan kolaborasi antara Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Sydney, Australia,  Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan serta  Opal Coffee dan The Q Coffee.

“Harga kopi kita juga tidak kalah dengan kopi dari Amerika Selatan karena secara geografis, Indonesia adalah tetangga Australia jadi pasti biaya logistik lebih rendah,” ujar Direktur Jenderal PEN Kemendag Didi Sumedi lewat keterangannya di Jakarta, Senin (6/12/2021), dikutip dari Antara.

Adapun promosi melalui "Indonesian Coffee Cupping"  pada tahun ini telah dilakukan di Sydney, Australia sebanyak tiga kali yaitu pada  18,  25 November  dan  2 Desember 2021.

Pada sesi coffee cupping kali ini, ITPC Sydney memperkenalkan kopi robusta Indonesia khususnya yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia, seperti Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Bengkulu, Lampung, dan Sumatera Selatan.

Namun, ada juga biji kopi arabica yang juga turut dipromosikan, yaitu berasal dari Sulawesi Selatan, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, dan Aceh.

Baca Juga: Kopi Dari Biji Salak, Alternatif Bagi Penyuka Kopi

Dengan telah diimplementasikannya IA-CEPA, lanjut Didi, peluang pasar kopi Indonesia di Australia semakin besar. Terkait hal ini, Ditjen PEN pun sudah melakukan pengiriman sampel biji kopi dari seluruh Indonesia untuk dipromosikan melalui ITPC Sydney kepada importir dan roaster di Australia.

Kepala ITPC Sydney Ayu Siti Maryam menuturkan, selama tiga hari, acara tersebut dihadiri sebanyak 10 pemilik kedai kopi dan barista di Sydney.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

IKN Baru Bernama Nusantara

Senin, 24 Januari 2022 | 22:15 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
22:43
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19