Kompas TV video sinau

Gunung Semeru Erupsi , Erupsi dan Meletus Bedanya Apa sih?

Kompas.tv - 6 Desember 2021, 18:27 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Pada Sabtu (4/12/2021). Gunung Semeru mengalami erupsi. Gunung Semeru berada di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Istilah gunung erupsi dan dan gunung meletus kerap kita dengar.

Apa bedanya erupsi dan meletus?

Erupsi adalah proses pelepasan material dari gunung berapi. Material ini bisa dalam bentuk lava, gas, abu, dan lain-lain. Material ini, nantinya dilepaskan ke atmosfer atau ke permukaan bumi dalam jumlah yang tidak pasti.

Erupsi terjadi karena gerakan magma dari dalam perut bumi. Lalu, apa perbedaan antara erupsi  dengan meletus? Melansir Bobo.id sebenarnya arti dari erupsi dan meletus, sama saja.  Namun, istilah gunung meletus ini lebih sering dikaitkan dengan erupsi eksplosif.

Apa itu erupsi eksplosif? mari ketahui bersama macam-macam erupsi:

1.Erupsi Eksplosif

Erupsi ini ditandai dengan suara dentuman yang keras. Karena dentuman ini, erupsi jenis eksplosif lekat dengan istilah gunung meletus.

2.Erupsi Efusif

Erupsi ini ditandai dengan keluarnya magma dalam bentuk lelehan lava. Perbedaan dengan erupsi eksplosif yaitu  tekanan gas tidak terlalu kuat, sehingga magma keluar dalam wujud aliran lava sampai ke lereng gunung, suaranya juga tak terlalu nyaring. 

Baca Juga: Cerita Warga Pengungsian Korban Erupsi Semeru: 1 Jam Gelap Tertutup Abu Vulkanik

https://www.kompas.tv/article/239230/cerita-warga-pengungsian-korban-erupsi-semeru-1-jam-gelap-tertutup-abu-vulkanik 

Grafis: Joshua Victor

 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x