Kompas TV nasional berita utama

Novel Baswedan Bandingkan Pemberantasan Korupsi Pimpinan KPK Menurun sedangkan Kapolri Makin Serius

Kompas.tv - 6 Desember 2021, 18:17 WIB
novel-baswedan-bandingkan-pemberantasan-korupsi-pimpinan-kpk-menurun-sedangkan-kapolri-makin-serius
Mantan penyidik KPK, Novel Baswedan (Sumber: KompasTV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemberantasan korupsi yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di bawah kepimpinan Firli Bahuri dinilai semakin turun.

Atas dasar penilaian tersebut, sebagian besar mantan pegawai KPK menerima ajakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menjadi ASN Polri dan siap memberantas korupsi.

Pernyataan itu disampaikan mantan penyidik KPK Novel Baswedan dalam keterangannya di Mabes Polri, Senin (6/12/2021).

“Belakangan ini masalah korupsi, fenomena korupsi banyak terjadi, bahkan bisa dikatakan masif, banyak, dan nilainya pun semakin lama kalau kita lihat semakin besar-besar ya,” ucap Novel.

“Sedangkan di sisi lain, kita kemudian dihadapkan dengan situasi yang kurang menyenangkan di mana upaya memberantas korupsi yang dilakukan oleh KPK semakin turun, dan pimpinan KPK juga.”

Baca Juga: Respons Tawaran Kapolri, Yudi Purnomo: Semua Eks Penyidik KPK Menerima Jadi ASN Polri

Lebih dari itu, Novel berpendapat bahwa kinerja KPK juga semakin tidak menunjukkan sesuatu yang sungguh-sungguh serius dalam memberantas korupsi. 

Menurut Novel, hal itu berbeda dengan penjelasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang sungguh-sungguh memberantas korupsi.

“Ketika saya melihat atau kami ya paling tidak, melihat penjelasan dari Pak Kapolri, yang tampak bahwa ada seperti kesungguhan untuk memberantas korupsi terutama bidang pencegahan,” ujar Novel.

“Dan (Kapolri) meminta kami untuk kesediaannya, untuk ikut melakukan tugas-tugas dalam rangka berbakti untuk kepentingan bangsa dan negara, tentu pilihan itu menjadi sulit buat kami untuk menolak,” tambah Novel.

Sebab, lanjut Novel, bagi mantan penyidik KPK yang diberhentikan, upaya memberantas korupsi adalah hal yang serius.

Di samping itu, kata Novel, mantan penyidik KPK yang diberhentikan juga masih ingin berkontribusi lebih banyak dalam memberantas korupsi.

Baca Juga: Eks Pegawai KPK akan Jadi ASN Polri, Ini Respons IM57+ Institute

“Tentunya proses ini juga belum selesai. Semoga proses ini bisa selesai dengan baik, dengan lancar dan semoga niatan untuk bisa bertugas memberantas korupsi dengan sungguh-sungguh bisa benar-benar terealisasi,” ucap Novel.

Lantas, dikonfirmasi akan ditempatkan di mana mantan penyidik KPK jika menjadi ASN Polri, Novel nengatakan, mengacu dari penjelasan Kapolri penempatan mantan penyidik KPK akan terkait dengan hal-hal yang berhubungan dengan masalah peencegahaan.

“Fokusnya adalah terkait dengan upaya-upaya yang berhubungan dengan pencegahan dan Pak Kapolri telah menyampaikan dan saya kira hal-hal yang disampaikan Pak Kapolri memang masalah strategis dalam hal upaya pemberantasan korupsi,” kata Novel.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x