Kompas TV entertainment film

Perhatian! 9 Desember 2021, Film 'Yuni' Resmi Tayang di Bioskop Indonesia

Kompas.tv - 6 Desember 2021, 16:59 WIB
perhatian-9-desember-2021-film-yuni-resmi-tayang-di-bioskop-indonesia
'Yuni' bakal tayang di bioskop Indonesia mulai 9 Desember 2021 mendatang. (Sumber: Dok. Fourcolors Films)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Film 'Yuni' garapan sutradara Kamila Andini tayang di bioskop Indonesia mulai 9 Desember 2021 mendatang.

Kamila Andini mengungkapkan kegembiraannya bahwa film besutannya akhirnya kembali ke Tanah Air setelah diputar di berbagai negara.

“Senang sekali bisa menayangkan film yang memang dibuat untuk bioskop, setelah apa yang terjadi selama pandemi dan juga setelah film ini ditayangkan di negara lain,” kata Kamila dalam rilis yang diterima Kompas TV, Senin (6/12/2021).

Baca Juga: Trailer Resmi Film Preman Rilis, Lebih dari Sekadar Aksi Kekerasan dan Premanisme

Dia mengatakan bahwa film 'Yuni' memang dibuat untuk Indonesia sehingga akan menjadi kata yang tepat untuk merayakannya di Tanah Air.

Produser 'Yuni', Ifa Isfansyah, juga mengungkapkan kegembiraannya dengan ditayangkannya film tersebut di bioskop Indonesia.

“Dengan kerja sama ini, semoga membuka kemungkinan-kemungkinan film Indonesia semakin mempunyai keberagaman bentuk dan mudah diakses oleh penontonnya,” kata Ifa.

Sementara itu, produser Starvision, Chand Parwez Servia, mengatakan bahwa film 'Yuni' berpotensi menjadi tontonan favorit remaja dan keluarga karena bisa menjadi tontonan berkualitas dengan kerabat dekat.

“'Yuni' adalah karya istimewa yang menghadirkan hiburan sehat, bukan sekadar menonton lalu melupakannya. Namun, menonton dan mengusik untuk membawanya ke ruang diskusi pribadi, juga keluarga,” kata Chand Parwez.

Baca Juga: Film Backstage Tayang Perdana di JAFF 2021, Sissy Prescillia Berdebar Seperti Ditembak Pacar

Untuk diketahui, 'Yuni' dibintangi oleh Arawinda Kirana, Kevin Ardilova, Dimas Aditya, Marissa Anita, Asmara Abigail, dan sederat artis Indonesia.

'Yuni' menceritakan tentang seorang remaja perempuan cerdas bernama Yuni yang memiliki impian besar untuk berkuliah. Sayangnya, dua pria yang tidak dikenalnya datang melamar.

Dua lamaran pria itu ditolak Yuni hingga muncul desas-desus dan mitos di lingkungannya. Mitos mengatakan bahwa seorang perempuan yang menolak tiga lamaran, tidak akan pernah menikah.

Mitos tersebut berhasil membuat Yuni terpojok. Terlebih, pria ketiga datang melamarnya. Dia harus memilih antara percaya dengan mitos atau mengejar impiannya untuk kuliah.

Kisah yang lekat dengan kehidupan perempuan dan cerita yang segar membuat film 'Yuni' yang telah diputar di berbagai festival film internasional itu berhasil mendapatkan nominasi.

Baca Juga: Squid Game Raih Piala Serial TV Panjang Terbaik di Gotham Awards ke-31

Nominasi tersebut di antaranya, 14 nominasi Piala Citra di Festival Film Indonesia 2021 dan nominasi Achievement in Directing di Asia Pacific Screen Awards.

'Yuni' juga berhasil mendapatkan penghargaan, termasuk Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021, Snow Leopard untuk Aktris Terbaik di Asian World Film Festival 2021, Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik, dan Silver Hanoman di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2021.

Tak hanya itu, 'Yuni' juga menjadi perwakilan Indonesia dalam kategori Best International Feature Film di Academy Awards ke-94 alias Piala Oscar 2022.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x