Kompas TV olahraga kompas sport

Mulai 15 Desember 2021, PT LIB Uji Coba Penonton di Liga 2 tapi Tiket Tidak Dijual Umum

Kompas.tv - 6 Desember 2021, 15:59 WIB
mulai-15-desember-2021-pt-lib-uji-coba-penonton-di-liga-2-tapi-tiket-tidak-dijual-umum
Menpora Zainudin Amali (kanan), Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan melakukan rapat persiapan uji coba penonton di Liga 1 dan Liga 2 bersama Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, Senin (6/12/2021). (Sumber: kemenpora.go.id)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Liga Indonesia Baru (LIB) melalui Direktur Utama Akhmad Hadian Lukita memastikan uji coba penonton bakal digelar di Liga 2 Indonesia, bukan Liga 1. 

Kepastian tersebut didapat setelah PT LIB melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali serta Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada Senin (6/12/2021). 

Rencananya, uji coba penonton ini akan mulai dilakukan untuk pertandingan babak 8 besar Liga 2 di Stadion Pakansari, Bogor, serta Wibawa Mukti, Bekasi. 

"Kami akan mengadakan uji coba, rencana mulai tanggal 15 Desember dalam pertandingan Liga 2 di Pakansari dan Wibawa Mukti," kata Akhmad Hadian Lukita, dikutip dari Kompas.com

"Uji coba ini menjadi tolak ukur bagaimana ke depannya kami menerapkan SOP. Kondisi pandemi menjadi pertimbangan utama karena kesehatan masyarakat adalah prioritas."

Baca Juga: Klasemen BRI Liga 1: Persija Jakarta Putus Hasil Buruk, PSS Sleman Naik Peringkat

"Kami akan menempatkan beberapa pihak yang akan menjaga arus penonton pada saat datang dan keluar. Ada dua pertandingan dalam satu hari, jadi akan diatur agar tidak ada cross (benturan) antar penonton."

"Kami rencana membuat jarak waktu dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya dengan jam yang paling aman. Bagaimana pun prokes (protokol kesehatan) menjadi pertimbangan utama agar tidak ada kerumunan di stadion," terangnya. 

Mengutip kemenpora.go.idaturan terkait penonton sepak bola di tengah pandemi hanya memungkinkan 5 persen dari kapasitas stadion, atau sekitar 5000 penonton. 

Akan tetapi, lantaran ini baru uji coba, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengaskan belum akan menjual tiket pertandingan untuk khalayak umum. 

Baca Juga: Sriwijaya FC Berbenah Hadapi Babak 8 Besar Liga 2

“Tentunya ini baru perencanaan tiket tidak dijual dulu kepada umum," sebut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

"Karena kita akan mencoba mematchkan dulu rencana kita terhadap apa yang ada di stadion. Rencananya kita akan undang beberapa klub untuk bisa masuk stadion yang tentunya nanti kita batasi,” katanya.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali bakal segera berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memperlancar jalannya uji coba penonton di Liga 2 dan Liga 1 ini. 

"Yang kita lakukan hari ini adalah diskusi persiapan, nanti beberapa hari kedepan saya akan mengundang lagi rapat dari pihak Kepolisian, BNPB, Satgas Covid-19 dan Kementerian Kesehatan," jelas Amali.

"Dan tentu kita koordinasikan dengan penanggungjawab PPKM wilayah Jawa dan Bali karena ini kan dilakukan di pulau Jawa."



Sumber : kemenpora.go.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.