Kompas TV bisnis bumn

Erick Thohir Angkat Darmawan Prasodjo Jadi Dirut Baru PLN

Kompas.tv - 6 Desember 2021, 11:29 WIB
erick-thohir-angkat-darmawan-prasodjo-jadi-dirut-baru-pln
Dirut PLN yang baru Darmawan Prasodjo, dipilih Menteri BUMN Erick Thohir untuk menggantikan Zulkifli Zaini. (Sumber: Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT PLN kini mempunyai pimpinan baru. Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo diangkat Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Dirut PLN. Darmawan menggantikan Dirut PLN sebelumnya Zulkifli Zaini.

Pergantian itu diputuskan dalam rapat umum pemegang saham PLN pada pagi ini, Senin (6/12/2021).

Sebelumnya beredar 2 nama yang disebut akan menjadi Dirut PLN yang baru. Yaitu Darmawan Prasodjo dan Dirut Krakatau Steel Silmy Karim. Namun akhirnya, Darmawan yang dipilih Erick menjadi nakhoda baru BUMN setrum tersebut.

Sementara Zulkifli Zaini menjabat sebagai Dirut PLN sejak 2019. Pahala mengapresiasi kinerja Zulkifli di masa pandemi.

Baca Juga: Izin Penambangan Kini Terpusat, Ganjar: Kami di Daerah yang Pusing

"Pak Dharmo (sapaan karib Darwaman Prasodjo) menjadi pengganti," kata Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury, seperti dikutip dari Kontan.co.id, Senin (6/12/2021).

"Penggantian diharapkan akan mendorong percepatan transisi energi," tambahnya.

PLN memang tengah bersiap untuk mengalihkan pembangkit listrik mereka yang menggunakan energi fosil, menjadi menggunakan energi baru terbarukan. Seperti panas bumi dan sinar matahari.

Darmawan sendiri menjabat sebagai Wadirut PLN sejak 23 Desember 2019. Sebelumnya ia menjabat sebagai Deputi I Bidang Pengendalian, Pembangunan, Monitoring dan Evaluasi Program Prioritas Kantor Staf Presiden tahun 2015-2019 dan Komisaris PLN tahun 2018 – 2019.

Baca Juga: Hasil Survei: Duet Ganjar-Erick Mampu Kalahkan Pasangan Prabowo-Puan di Pilpres 2024

Pria kelahiran Magelang 19 Oktober 1970 ini, mendapatkan gelar sarjana Ilmu Komputer dari Texas A&M University pada tahun 1994. Ia kemudian melanjutkan pendidikan pasca sarjana untuk bidang ilmu yang sama di Universitas yang sama pada tahun 2000.

Selanjutnya, ia menyelesaikan gelar Doktor Ekonomi Terapan, Ekonomi Sumber daya alam di Texas A&M University kolaborasi dengan Duke University tahun 2011.

Dalam situs PLN, Darmawan Prasodjo adalah ekonom energi yang menghabiskan lebih dari 15 tahun di Amerika Serikat (AS) baik saat menempuh studi dan berkarier sebagai konsultan-peneliti di Texas A&M University dan Duke University. 

Masih dikutip dari suber informasi yang sama, pada tahun 2012, Darwaman  kembali ke Indonesia dan memulai karir di beberapa perusahaan antara lain sebagai Direktur di Indonesia Center for Green Economy. 

Baca Juga: Pengumuman! Jokowi Naikkan Tunjangan PNS, Ini Besarannya

Selang setahun kemudian yakni 2013-2014, Darmawan tercatat sebagai Kepala Jurusan di Prodi Green Economy di Surya University tahun 2012-2013, lalu menjadi Co-chair Post 2015 Millenium Development Goals .

Darmawan juga tercatat pernah menjadi Presiden Komisaris Amesti Energi Nusantara tahun 2013 – 2014, lalu menduduki jabatan sebagai Deputi I Bidang Pengendalian, Pembangunan, Monitoring dan Evaluasi Program Prioritas Kantor Staf Presiden tahun 2015-2019 serta Komisaris PT PLN (Persero) tahun 2018 – 2019.

 



Sumber : Kontan.co.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.