Kompas TV regional peristiwa

Pantauan Udara BNPB: Masih Ada Kepulan Asap di Material Awan Panas Guguran Gunung Semeru

Kompas.tv - 6 Desember 2021, 11:13 WIB
pantauan-udara-bnpb-masih-ada-kepulan-asap-di-material-awan-panas-guguran-gunung-semeru
Hingga hari ini, Senin (6/12/2021), di beberapa titik di sepanjang aliran lahar di Curah Kobokan masih muncul kepulan asap dari material awan panas guguran. (Sumber: BNPB)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

LUMAJANG, KOMPAS.TV – Hingga hari ini, Senin (6/12/2021), di beberapa titik di sepanjang aliran lahar di Curah Kobokan masih muncul kepulan asap dari material awan panas guguran.

Hal itu diketahui diketahui dari pantauan udara yang dilakukan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, saat meninjau lokasi terdampak awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

Suharyanto memantau melalui udara menggunakan helikopter BNPB.

Melalui pantauan udara tersebut, Kepala BNPB melihat langsung kerusakan yang ditimbulkan oleh erupsi Gunung Semeru, salah satunya adalah jembatan Gladak Perak di Desa Curah Kobokan.

Jembatan yang rusak tersebut memutus jalur darat antara Lumajang menuju Malang akibat terdampak awan panas guguran Gunung Semeru.

Baca Juga: PMI Kerahkan 2 unit Kendaraan Multi Fungsi ke Lumajang untuk Evakuasi Korban Erupsi Semeru

Di samping itu, visual lain yang didapatkan dari pantauan udara adalah kerusakan permukiman warga yang berada di sepanjang bantaran daerah aliran lahar di Curah Kobokan.

“Selain itu, beberapa titik di sepanjang aliran lahar itu juga masih muncul kepulan asap dari material awan panas guguran,” Pelaksana Tugas (Plt) kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, menjelaskan melalui keterangan tertulis.

Dalam peninjauan tersebut, Kepala BNPB didampingi Kapolda Jawa Timur Nico Afinta, dan Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Jarwansyah.

Mereka  terbang dari Lapangan Bola Desa Condro, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (6/12).

Visual dampak bencana awan panas guguran Gunung Semeru dilihat Kepala BNPB saat helikopter terbang rendah.

Gambaran visual yang terlihat, kondisi di sepanjang daerah aliran lahar di Curah Kobokan mengalami kerusakan dan tertutup material vulkanik dari awan panas guguran Gunung Semeru.

Baca Juga: Ancaman Erupsi Semeru Belum Usai, Pagi Ini Kembali Terdengar Gemuruh yang Bikin Panik Warga

“Beberapa vegetasi yang ada di sepanjang daerah ailran lahar di Curah Kobokan juga mengalami kerusakan dan banyak pohon yang tumbang dan mati,’ lanjutnya.

Usai peninjauan yang dilakukan selama kurang lebih 15 menit, Kepala BNPB beserta rombongan kemudian mendarat di lapangan bola Kecamatan Pasirian dan disambut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.