Kompas TV regional peristiwa

PMI Solo Terjunkan Sukarelawan dan Dokter Bantu Korban Bencana Erupsi Gunung Semeru

Kompas.tv - 6 Desember 2021, 15:49 WIB
pmi-solo-terjunkan-sukarelawan-dan-dokter-bantu-korban-bencana-erupsi-gunung-semeru
Palang Merah Indonesia (PMI) Solo, Jawa Tengah mengirimkan relawan dan dokter untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (5/12/2021). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Fadhilah

SOLO, KOMPAS.TV - Palang Merah Indonesia (PMI) Solo, Jawa Tengah, mengirimkan relawan dan dokter untuk bantu korban erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (5/12/2021).

Sejumlah perlengkapan disiapkan mulai dari mobil khusus, motor trail, hingga obat-obatan.

Selain itu, pihaknya membawa tabung oksigen, masker, selimut untuk para pengungsi yang membutuhkan. Nantinya, para dokter akan berjaga di pos kesehatan darurat.

"Adapun relawan yang dikirim merupakan tim penanggulangan bencana PMI dan mahasiswa akbara berjumlah 11 orang. Serta ada juga 2 dokter dari PMI dan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) dalam tahap pertama," kata jurnalis KOMPAS TV dalam program Breaking News, Senin.

Selain itu, PMI Solo juga berencana akan menambah personel relawan yang diterjukan di Lumajang.

Pada tahap kedua, pihaknya akan mengirimkan sejumlah apoteker dan perawat.

"Nantinya seluruh relawan akan ditempatkan di lokasi yang minim bantuan," pungkasnya.

Baca Juga: Ancaman Erupsi Semeru Belum Usai, Pagi Ini Kembali Terdengar Gemuruh yang Bikin Panik Warga

Sebelumnya diberitakan, Palang Merah Indonesia (PMI) menurunkan Hagglund PMI ke lokasi erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Selain membantu pencarian korban dan evakuasi warga, kendaraan multi fungsi itu juga akan digunakan mengangkut bahan makanan ke pos-pos pengungsian yang tidak bisa dilintasi kendaraan biasa.

Hagglund milik PMI sendiri punya roda rantai yang bisa melintasi medan dengan suhu panas. Bak bagian belakangnya pun bisa digunakan untuk mengangkut barang serta manusia. 

Diketahui, Hagglund milik PMI tersebut ditujukan untuk membantu evakuasi korban didaerah yang sulit dijangkau kendaraan biasa dan mencari korban yang tertimbun debu vulkanik serta lahar dingin.

Penurunan Hagglund tersebut diperintah langsung oleh Ketua Umum PMI Jusuf Kalla.

Permintaan JK langsung ditindaklanjuti Staf Biro Sarpras Markas Pusat PMI dengan memberangkatkan 2 unit Hagglund ke Lumajang, Minggu (5/12/2021) malam dari pangkalannya di Cileungsi Kabupaten Bogor

Baca Juga: Kawasan Wisata Bromo Tak Terdampak Letusan Semeru, Pengunjung Wajib Lakukan Ini



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.