Kompas TV nasional peristiwa

PMI Kerahkan 2 unit Kendaraan Multi Fungsi ke Lumajang untuk Evakuasi Korban Erupsi Semeru

Kompas.tv - 6 Desember 2021, 08:48 WIB
pmi-kerahkan-2-unit-kendaraan-multi-fungsi-ke-lumajang-untuk-evakuasi-korban-erupsi-semeru
Palang Merah Indonesia menurunkan Hagglund PMI ke lokasi erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. (Sumber: Kompas.TV)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Palang Merah Indonesia (PMI) menurunkan Hagglund PMI ke lokasi erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Selain membantu pencarian korban dan evakuasi warga, kendaraan multi fungsi itu juga akan digunakan mengangkut bahan makanan ke pos-pos pengungsian yang tidak bisa dilintasi kendaraan biasa.

Hagglund milik PMI sendiri punya roda rantai yang bisa melintasi medan dengan suhu panas. Bak bagian belakangnya pun bisa digunakan untuk mengangkut barang serta manusia. 

Diketahui, Hagglund milik PMI tersebut ditujukan untuk membantu evakuasi korban didaerah yang sulit dijangkau kendaraan biasa dan mencari korban yang tertimbun debu vulkanik serta lahar dingin.

Penurunan Hagglund tersebut diperintah langsung oleh Ketua Umum PMI Jusuf Kalla. Permintaan JK langsung ditindak lanjuti Staf Biro Sarpras Markas Pusat PMI dengan memberangkatkan 2 unit Hagglund ke Lumajang, Minggu (5/12/2021) malam dari pangkalannya di Cileungsi Kabupaten Bogor.

Diperkirakan, Senin (6/12/2021) siang nanti, 2 unit Hagglund tersebut akan tiba di Posko PMI Kabupaten Lumajang. 

Dalam menjalankan operasi pencarian, Hagglund ini dibawah kendali operasi PMI Kabupaten Lumajang. PMI Lumajang rencananya akan menempatkan Kedua Hagglund ini didua sisi Jembatan Gladak Perak Desa Curah Kobokan Kecamatan Candipuro Lumajang yang putus diterjang lahar dingin letusan gunung semeru. 

Satu unit lagi ditempatkan diposisi akses menuju Kecamatan Candipuro dan 1 unit lagi di Kecamatan Pronojiwo, yaitu akses melewati Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang.

Dalam keterang tertulis yang diterima KOMPAS.TV, Hagglund PMI telah beberapa kali diturunkan membantu evakuasi korban Letusan Gunung, diantaranya erupsi Gunung Merapi tahun 2010, erupsi Gunung Kelud tahun 2011, erupsi Gunung Sinabung tahun 2013, dan kini erupsi Gunung Semeru. 

Hagglund memiliki ketangguhan dengan mampu melintasi jalur yang dipenuhi debu vulkanik dengan suhu sampai 60 derajat celcius.

Baca Juga: Ancaman Erupsi Semeru Belum Usai, Pagi Ini Kembali Terdengar Gemuruh yang Bikin Panik Warga



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x