Kompas TV nasional peristiwa

Wapres Telepon Khofifah hingga Risma, Instruksikan Penanganan Cepat Korban Erupsi Gunung Semeru

Kompas.tv - 6 Desember 2021, 01:05 WIB
wapres-telepon-khofifah-hingga-risma-instruksikan-penanganan-cepat-korban-erupsi-gunung-semeru
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menelpon Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa hingga Mensos Tri Rismaharini terkait penanganan korban erupsi Gunung Semeru. (Sumber: Dok. Setwapres)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menelepon sejumlah pejabat untuk memantau perkembangan terkini mengenai peristiwa guguran awan panas Gunung Semeru, Minggu (05/12/21).

Adapun pejabat yang ditelepon yakni, Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Kepada Khofifah, Wapres meminta agar dapat menangani warga terdampak dengan baik. 

“Tolong dikoordinasikan semua Bu Gubernur supaya pengungsi tertangani dengan baik. Berkoordinasi dengan menteri terkait, Panglima TNI, dan BNPB, juga Bupati (Lumajang) supaya semua bisa diatasi," pinta Ma'ruf kepada Khofifah, seperti dalam keterangan resminya, Minggu.

Pada percakapan singkat tersebut, Wapres menerima laporan terkait wilayah dan jumlah korban terdampak guguran awan panas Semeru.

Khofifah mengatakan, terdapat dua kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, yang terkena dampak, yaitu Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Pronojiwo. Adapun Informasi tersebut diterima Wapres pada pukul 13.04 WITA atau 12.04 WIB.

Gubernur Jatim ini juga melaporkan bahwa proses evakuasi masyarakat terus dilakukan sejalan dengan telah berjalannya early warning system dan terus mengalirnya bantuan kebutuhan dasar dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Early warning system sudah jalan. Masyarakat sudah mengevakuasi diri. Awal kami dengar langsung kami mengimbau masyarakat untuk mengevakuasi diri. Insya Allah kalau kebutuhan dasar terpenuhi karena ada dapur umum dari Pemprov, di Candipuro dan Pronojiwo juga ada,” ungkap Khofifah.

Baca Juga: Ini Cerita Warga yang Sesak Napas Saat Detik-detik Terjadinya Erupsi Gunung Semeru

Wapres Telepon Mensos Risma

Ma'ruf kemudian melanjutkan menghubungi Risma untuk memberikan arahan agar Kementerian Sosial terus mengawal proses evakuasi masyarakat dan memenuhi kebutuhan masyarakat terdampak guguran awan panas Gunung Semeru.

“Tolong ya Bu, semua hal terkait akomodasi, pengungsian, dan konsumsi untuk disiapkan,” ujar Ma'ruf.

Mendapat instruksi tersebut, Risma pun menyanggupi dan melaporkan segala sesuatunya telah disiapkan. Di samping juga mempersiapkan kemungkinan adanya erupsi susulan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x