Kompas TV nasional politik

Kerap Dipercaya Pegang Jabatan Tertentu, Luhut Berada di Urutan 17 Menteri dengan Kinerja Terbaik

Kompas.tv - 5 Desember 2021, 22:46 WIB
kerap-dipercaya-pegang-jabatan-tertentu-luhut-berada-di-urutan-17-menteri-dengan-kinerja-terbaik
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan ingin turis asing yang ke Bali lebih banyak membelanjakan uangnya sehingga membuat kunjungan wisatawan lebih berkualitas untuk perekonomian Bali (2/12/2021). (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei opini publik terkait menteri dengan kinerja terbaik, Minggu (5/12/2021).

Hasil survei menunjukkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menempati urutan ke-17, dengan total responden 0,6 persen.

Adapun menteri dengan kinerja terbaik yaitu Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

"Survei kinerja menteri ini dilakukan secara spontan kepada seluruh responden tanpa kami berikan pilihan jawaban," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat pemaparan survei secara daring, Minggu.

Padahal, jika dibandingkan Risma, bisa dibilang Luhut termasuk menteri yang sering muncul di publik dalam berbagai kesempatan.

Ia bahkan kerap dipercaya Jokowi untuk menempati jabatan-jabatan tertentu.

Menteri dengan kinerja terbaik 2021. (Sumber: Dok. Indikator)

Dilansir dari Kompas.com, tercatat ada tujuh jabatan yang diemban Luhut, selain Menko Marves.

1. Ketua Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produksi dalam Negeri

Jokowi menunjuk Luhut sebagai Ketua Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) pada 2018.

Penunjukan Luhut disahkan lewat Keppres No. 24 Tahun 2018.

Tugas tim yang dipimpin Luhut ialah memantau penggunaan produksi dalam negeri sejak tahapan perencanaan dalam pengadaan barang dan jasa yang dilakukan oleh instansi pemerintah, termasuk BUMN dan BUMD.

Selain itu, Tim P3DN juga bertugas menyosialisasikan penggunaan produk dalam negeri serta memantau tingkat komponen dalam negeri dari suatu produk yang diproduksi instansi pemerintah.

2. Wakil Ketua KPC-PEN

Di awal pandemi Covid-19, Presiden Jokowi menunjuk Luhut untuk menjabat Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Di KPC-PEN, Luhut terlibat aktif dalam setiap kebijakan penanganan Covid-19, termasuk dalam penentuan kebijakan pembatasan sosial yang diterapkan untuk menekan laju penularan.

3. Ketua Dewan Pengarah Penyelamatan Danau Nasional

Jokowi juga menunjuk Luhut sebagai Ketua Dewan Pengarah Penyelamatan Danau Nasional lewat Keppres No. 60 Tahun 2021 yang diteken pada 22 Juni.

Tugas Luhut dalam tim tersebut adalah memberikan arahan dalam pencapaian, pemantauan, dan evaluasi, serta pembinaan dan pengawasan strategi Penyelamatan Danau Prioritas Nasional.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.