Kompas TV internasional kompas dunia

Truk Junta Militer Myanmar Tabrak dan Gilas Pengunjuk Rasa di Yangon, 5 Orang Tewas

Minggu, 5 Desember 2021 | 18:26 WIB
truk-junta-militer-myanmar-tabrak-dan-gilas-pengunjuk-rasa-di-yangon-5-orang-tewas
Truk tentara tabrak pawai damai pengunjuk rasa anti-junta militer di kota Yangon, Myanmar, hari Minggu, 5 Desember 2021, diperkirakan membunuh sedikitnya lima orang pengunjuk rasa (Sumber: Straits Times)

BANGKOK, KOMPAS.TV — Sebuah truk tentara menabrak pawai damai pengunjuk rasa anti-pemerintah di kota Yangon, Myanmar, pada Minggu (5/12/2021).

Peristiwa tersebut membunuh sedikitnya lima orang pengunjuk rasa, kata saksi dan penyelenggara unjuk rasa, seperti dilansir Associated Press, Minggu.

Unjuk rasa tersebut adalah salah satu dari setidaknya tiga unjuk rasa yang diadakan di Yangon.

Demonstrasi serupa juga dilaporkan terjadi di bagian lain negara itu satu hari menjelang vonis kasus pertama dari sekitar selusin kasus kriminal terhadap pemimpin sipil Myanmar Aung San Suu Kyi, yang digulingkan dalam militer 1 Februari lalu.

Sebuah video yang diposting di media sosial menunjukkan sebuah truk tentara kecil yang melaju kencang menuju ke arah demonstran dari belakang.

Suara-suara dapat terdengar, mengatakan: "Mobilnya datang ... Tolong bantu! Itu memukul anak-anak ... Oh! ... Mati! ... Lari lari!" Video itu menunjukkan sekitar selusin orang berlarian dari tempat itu.

Seorang saksi mengatakan kepada The Associated Press, para pengunjuk rasa baru dua menit turun ke jalan raya ketika truk militer menabrak mereka, meninggalkan tiga orang tanpa tanda-tanda kehidupan tergeletak di jalan.

“Sekitar 5 tentara bersenjata turun dari kendaraan dan mengejar para pengunjuk rasa,” kata saksi yang tidak mau disebutkan namanya karena takut ditangkap.

“Mereka melepaskan tembakan dan juga menangkap anak-anak muda yang tertabrak mobil. Setidaknya 10 orang ditangkap.”

Baca Juga: Aung San Suu Kyi Dapat Dakwaan Korupsi Tambahan dari Junta Militer Myanmar, Dituduh Beli Helikopter

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV/Associated Press/Straits Times



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:22
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19