Kompas TV internasional kompas dunia

Truk Junta Militer Myanmar Tabrak dan Gilas Pengunjuk Rasa di Yangon, 5 Orang Tewas

Kompas.tv - 5 Desember 2021, 18:26 WIB
truk-junta-militer-myanmar-tabrak-dan-gilas-pengunjuk-rasa-di-yangon-5-orang-tewas
Truk tentara tabrak pawai damai pengunjuk rasa anti-junta militer di kota Yangon, Myanmar, hari Minggu, 5 Desember 2021, diperkirakan membunuh sedikitnya lima orang pengunjuk rasa (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

BANGKOK, KOMPAS.TV — Sebuah truk tentara menabrak pawai damai pengunjuk rasa anti-pemerintah di kota Yangon, Myanmar, pada Minggu (5/12/2021).

Peristiwa tersebut membunuh sedikitnya lima orang pengunjuk rasa, kata saksi dan penyelenggara unjuk rasa, seperti dilansir Associated Press, Minggu.

Unjuk rasa tersebut adalah salah satu dari setidaknya tiga unjuk rasa yang diadakan di Yangon.

Demonstrasi serupa juga dilaporkan terjadi di bagian lain negara itu satu hari menjelang vonis kasus pertama dari sekitar selusin kasus kriminal terhadap pemimpin sipil Myanmar Aung San Suu Kyi, yang digulingkan dalam militer 1 Februari lalu.

Sebuah video yang diposting di media sosial menunjukkan sebuah truk tentara kecil yang melaju kencang menuju ke arah demonstran dari belakang.

Suara-suara dapat terdengar, mengatakan: "Mobilnya datang ... Tolong bantu! Itu memukul anak-anak ... Oh! ... Mati! ... Lari lari!" Video itu menunjukkan sekitar selusin orang berlarian dari tempat itu.

Seorang saksi mengatakan kepada The Associated Press, para pengunjuk rasa baru dua menit turun ke jalan raya ketika truk militer menabrak mereka, meninggalkan tiga orang tanpa tanda-tanda kehidupan tergeletak di jalan.

“Sekitar 5 tentara bersenjata turun dari kendaraan dan mengejar para pengunjuk rasa,” kata saksi yang tidak mau disebutkan namanya karena takut ditangkap.

“Mereka melepaskan tembakan dan juga menangkap anak-anak muda yang tertabrak mobil. Setidaknya 10 orang ditangkap.”

Baca Juga: Aung San Suu Kyi Dapat Dakwaan Korupsi Tambahan dari Junta Militer Myanmar, Dituduh Beli Helikopter

Pasukan keamanan sebelumnya menggunakan mobil untuk menyerang pengunjuk rasa sejak tentara mengambil alih kekuasaan.

Tentara junta militer Myanmar juga bebas menggunakan peluru tajam, sejauh ini sudah membunuh sekitar 1.300 warga sipil, menurut daftar rinci yang disusun oleh Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik.



Sumber : Kompas TV/Associated Press/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x