Kompas TV internasional kompas dunia

Putri Kaisar Jepang Aiko Ulang Tahun ke-20, Siap Betot Perhatian Publik pada Acara Resmi Kekaisaran

Kompas.tv - 5 Desember 2021, 18:02 WIB
putri-kaisar-jepang-aiko-ulang-tahun-ke-20-siap-betot-perhatian-publik-pada-acara-resmi-kekaisaran
Putri Aiko setelah genap berusia 20 tahun akan mengemban tugas resmi keluarga kekaisaran Jepang, yang populasinya terus menyusut. (Sumber: AP Photo/Imperial Houshold Agency)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

TOKYO, KOMPAS.TV — Putri Aiko, putri Kaisar Jepang Naruhito, yang berulang tahun ke-20 pada Rabu (1/12/2021) lalu, siap membetot perhatian publik dengan debutnya ke depan sebagai anggota dewasa baru kekaisaran Jepang, seperti dilansir Associated Press, Minggu (05/12/2021). 

Setelah genap berusia 20 tahun, Putri Aiko akan mengemban tugas resmi keluarga kekaisaran Jepang, yang populasinya terus menyusut di bawah hukum suksesi kekaisaran yang hanya boleh mengangkat laki-laki sebagai kaisar.

Putri Aiko adalah anak tunggal Naruhito dan Permaisuri Masako, mantan diplomat lulusan Harvard. Aiko saat ini belajar sastra Jepang di Universitas Gakushuin, dan mengatakan, bersedia membantu orang tuanya dengan berpartisipasi dalam tugas kerajaan.

“Saya ingin memperbaiki diri dan melangkah maju selangkah demi selangkah sehingga saya dapat tumbuh menjadi orang dewasa yang dapat melayani orang lain,” kata Aiko dalam sebuah pernyataan yang dirilis Rabu oleh Badan Rumah Tangga Kekaisaran.

Aiko, suka atau tidak suka, tidak memenuhi syarat untuk naik ke Tahta Krisan, atau tahta kekaisaran Jepang.

Di bawah hukum Jepang, dia juga harus meninggalkan keluarganya jika dia menikah dengan orang biasa, seperti sepupunya yang lebih tua, Mako, bulan lalu karena menikahi kekasih di masa kuliahnya, Kei Komuro. 

Hukum Urusan Dalam Kekaisaran tahun 1947, yang sebagian besar mempertahankan nilai-nilai keluarga sebelum perang dunia II, hanya mengizinkan suksesi garis laki-laki dan memaksa anggota kerajaan perempuan yang menikahi rakyat jelata kehilangan status kerajaan mereka.

Sebuah panel ahli yang ditugaskan pemerintah sedang membahas cara-cara untuk mempertahankan hukum suksesi keluarga kerajaan secara stabil.

Baca Juga: Gegara Pandemi, Banyak Warga Jepang Kini Menilai Tradisi Minum-Minum dengan Rekan Kerja Tidak Perlu

Putri Aiko setelah genap berusia 20 tahun akan mengemban tugas resmi keluarga kekaisaran Jepang yang populasinya terus menyusut. (Sumber: AP Photo/Imperial Houshold Agency)

Banyak dari anggota panel tersebut berasal dari kubu konservatif yang menentang seorang kaisar perempuan, dan menyarankan untuk memulihkan keluarga bangsawan kerajaan yang sekarang sudah tidak berfungsi untuk membawa kembali keturunan laki-laki mereka.

Dalam sejarah modern, jumlah anggota keluarga kerajaan terus menurun, apalagi setelah terbit larangan bagi seorang kaisar untuk memiliki selir. 

Saat ini, anggota keluarga kekaisaran Jepang hanya berjumlah 17 orang. 

Naruhito saat ini hanya memiliki dua calon penerus yang lebih muda, yaitu adik laki-lakinya, Akishino, dan putra Akishino yang masih remaja, Hisahito. Selain itu ada juga paman kaisar yang berusia 85 tahun, yaitu Pangeran Hitachi.

Hisahito adalah satu-satunya anggota di bawah umur dari keluarga kerajaan.

Pada Minggu, Aiko akan mengunjungi tempat-tempat suci keluarga kekaisaran untuk berdoa bagi leluhur dan dewa mereka, dan akan secara resmi diakui pada upacara istana yang dipimpin oleh ayahnya.

Dia juga akan mengenakan pakaian formal dan tiara untuk menyambut orang tua dan kakek-neneknya.

Sebagai seorang putri kaisar, Putri Aiko dikenal sebagai penggemar berat gulat tradisional Jepang, sumo, dan bahkan hafal nama-nama semua pegulat. Seperti ibunya Masako, dia juga dikenal sangat mencintai binatang.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.