Kompas TV regional peristiwa

Jadi Posko Pengungsian Darurat bagi Korban Erupsi Gunung Semeru, Ini Kondisi di Desa Sumberwuluh!

Kompas.tv - 5 Desember 2021, 17:09 WIB
Penulis : Edwin Zhan

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Para pengungsi yang terdampak erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, dipindahkan ke posko pengungsian yang berada di Desa Sumberwuluh.

Kompas TV mendapatkan himpunan data terkini soal pengungsi dan warga yang berada di Desa Sumberwuluh.

Komandan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Tanggap Bencana Kabupaten Lumajang, Darwan Darussalam menyebut, terdapat 10.724 jiwa yang menetap di Desa Sumberwuluh.

Dan hingga saat ini, pengungsi yang sudah hadir di Desa Sumberwuluh adalah sebanyak 80 orang laki-laki, 75 perempuan, 35 warga lanjut usia (lansia), dan 30 anak-anak.

Tak lupa juga ia mengatakan bahwa sampai saat ini, BAZNAS Tanggap Bencana bekerja sama dengan perangkat desa dan sukarelawan untuk melakukan kesiapsiagaan.

Baca Juga: Erupsi Gunung Semeru: Jumlah Korban Jiwa Bertambah Menjadi 14 Orang

Beberapa upaya yang dilakukan adalah patroli ke sekitar wilayah permukiman, memberikan perwakilan bantuan di setiap posko, serta mendistribusikan bantuan dari pusat penyimpanan ke setiap titik.

Ribuan orang ini tersebar di 10 dusun; karenanya, bantuan dan koordinasi perlu dilakukan secara berkala dan terintegrasi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.